Kamis, 9 April 20

AS ‘Jongos’ nya Israel, Spanyol Bela Palestina

AS ‘Jongos’ nya Israel, Spanyol Bela Palestina
* Josep Borrel dan Riyad Al Maliki. (ParsToday)

Menteri Luar Negeri Spanyol mengatakan, Amerika Serikat (AS) tidak memiliki kelayakan untuk memediasi masalah Palestina karena selalu mendukung langkah rezim Zionis Israel.

Kantor berita Perancis melaporkan, Menlu Spanyol, Selasa (4/9/2018), dalam jumpa pers bersama dengan sejawatnya dari Palestina, Riyad Al Maliki di Madrid, menjelaskan bahwa Amerika dengan memutus bantuan dana Agensi PBB untuk Pekerjaan dan Pemulihan Pengungsi Palestina, UNRWA, telah melangkah sejalan dengan Israel.

Menurut Menlu Spanyol, langkah Amerika memutus bantuan untuk UNRWA adalah langkah sepihak dan ia mengecamnya.

Menlu Palestina, Riyad Al Maliki dalam pertemuan itu meminta negara-negara dunia untuk bertindak dan menjamin kebutuhan dana UNRWA sehingga defisit anggaran akibat pemutusan bantuan Amerika, bisa diatasi.

Statemen Menlu Spanyol mereaksi keputusan Amerika hari Jumat lalu terkati masalah Palestina. Pemerintah Amerika mengumumkan, kami tidak akan membantu UNRWA lagi.

 

UNRWA

 

Sebelumnya, sudah sejak tahun 2017 lalu, Spanyol berharap Negara Palestina segera dapat pengakuan. Menteri luar negeri Spanyol, Alfonso Dastis menyatakan harapan bahwa negara merdeka Palestina akan segera diakui.

Alfonso Dastis mengungkapkan hal itu dalam konferensi pers bersama dengan Menlu Palestina Riyad al-Maliki di Madrid pada Senin November 2017 lalu, seperti dilansir kantor berita EFE Spanyol.

Dastis menyuarakan harapan bahwa negara merdeka Palestina dengan Ibukota al-Quds al-Sharif akan mendapat pengakuan dalam beberapa bulan mendatang.

Dia mengutuk pembangunan distrik Zionis oleh Israel di wilayah pendudukan, dan menekankan perlunya mengakui sebuah negara Palestina dengan berkoordinasi dengan Uni Eropa.

Menlu Spanyol juga menyatakan harapan bahwa pertemuan komite bersama Spanyol dan Palestina akan diselenggarakan setelah bertahun-tahun tidak ada pertemuan.

Riyad al-Maliki juga mengatakan bahwa pengakuan negara Palestina akan membantu memperkuat perdamaian di kawasan. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.