Rabu, 29 Juni 22

AS Ingin Menjarah Sumber Daya Dunia Arab

AS Ingin Menjarah Sumber Daya Dunia Arab

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan, Amerika Serikat dan Barat ingin menjarah semua sumber daya Dunia Arab.

Dia mengungkapkan hal itu pada upacara peluncuran ‘Tabriz 2018’ di barat laut Iran, Rabu (25/4/2018). Kota ini telah dipilih oleh Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sebagai ibukota pariwisata Dunia Islam pada tahun 2018.

Presiden Iran mengecam intervensi AS di Timur Tengah, dan mengatakan Gedung Putih tidak dalam posisi untuk membuat keputusan bagi semua negara di wilayah ini.

Menurutnya, banyak persoalan yang dihadapi Timur Tengah berasal dari sudut pandang yang salah, karena beberapa negara regional berpikir bahwa sebuah rezim penindas dan penjajah, dapat secara permanen mendominasi sebagian masyarakat di kawasan.

“Mereka berpikir bahwa Gedung Putih harus membuat keputusan untuk Timur Tengah,” ujarnya.

Rouhani menjelaskan bahwa pihak asing sama sekali tidak akan menghadirkan keamanan di Timur Tengah.

“Penghancuran Afghanistan, serangan ke Irak, penyebaran teroris di kawasan dan penyerahan jet-jet tempur ke tangan Arab Saudi, adalah sebagian dari dampak kehadiran asing di Timur Tengah,” ungkapnya.

Di bagian lain, Rouhani mengatakan Iran telah membuktikan kepada dunia bahwa pihaknya tidak mengejar senjata pemusnah massal.

Interaksi konstruktif Iran dengan dunia, lanjutnya, bukan semata-mata karena kesepakatan nuklir, tapi Republik Islam memang ingin mencari kepentingan bersama dalam berinteraksi dan selalu menyatakan bahwa jalan yang benar adalah win-win solution. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.