Rabu, 1 April 20

AS, Arab Saudi dan Israel Ibarat Bersekutu dengan Musuh Hari Esok

AS, Arab Saudi dan Israel Ibarat Bersekutu dengan Musuh Hari Esok
* Hendrajit. (Foto: FB Hendrajit)

Oleh: Hendrajit, Pengkaji Geopolitik, dan Direktur Eksekutif Global Future Institute

 

KASUS penembakan massal di Florida, tepatnya di Pensacola Naval Air Station, yang dilakukan oleh perwira Arab Saudi, Letnan Dua Mohammed Alshamrani, telah menyadarkan Amerika Serikat (AS) bahwa persekutuannya dengan Arab Saudi sejak Perang Dunia II, dalam jangka panjang bisa membahayakan kepentingan nasional AS.

Dalam penembakan massal itu, Alshamrani menewaskan tiga pelaut AS. Dan tragisnya lagi, kejadian tersebut direkam melalui video oleh tiga mahasiswa Arab Saudi.

Gambar yang dirilis ABC News via ABC11 memperlihatkan foto yang diduga Mohammed al-Shamrani, tentara Arab Saudi yang diduga sebagai pelaku penembakan pangkalan AL AS Pensacola yang menewaskan tiga orang dan melukai delapan lainnya pada Jumat (6/12/2019).

Arab Saudi dijadikan sekutu strategis AS sejak Perang Dunia II, dengan maksud sebagai proxy agent sekaligus perpanjangan tangan kekuatan AS di Teluk Parsi, untuk mengimbangi kekuatan militer Iran.

Hal ini tampaknya sejalan dengan ambisi regional Arab Saudi yang memandang Iran sebagai musuh utamanya di kawasan Timur Tengah dan Teluk Parsi.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.