Senin, 29 November 21

AS Apresiasi Kerjasama Mitra Strategis Bidang Bencana

AS Apresiasi Kerjasama Mitra Strategis Bidang Bencana

Padang, Obsessionnews.com – Latihan bersama Pasific Patnership yang diadakan tujuh negara di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merupakan bentuk mitra strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Kuasa usaha ad interim Kedutaan Besar (kedubes) Amerika untuk Indonesia Brian Mcfeeters mengatakan kerjasama dalam bidang kebencanan sebagai bentuk bukti kemitraaan antar dua negara.

Latihan bersama Pasific Patnership berjalan di Indonesia, setelah Presiden kedua negara menandatangani kerjasama (MoU) tahun lalu. Presiden Amerika Barrack Obama bersama Presiden RI Joko Widodo berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama kedua negara.

“Pasific Patnership yang diadakan di Indonesia adalah latihan kolaborasi yang paling besar di Indo Pasific antara dua negara. Maka dari itu, kegiatan yang keempat kali diadakan tahun ini merupakan sutau kesempatan secara langsung melihat kerjasama sama strategis ini,” ujarnya saat pembukaan di Markas Komando Armada (Mako) Lantamal II Teluk Bayur Kota Padang, Senin (22/8).

Kapal AS di Padang 3

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Operasi Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto mengatakan, selama latihan bersama berlangsung, alutsista yang dihadirkan adalah KRI Makasar 590 dengan Komadan Letkol Aut (P) Elmondo Sumuel Sianipar dan Kapal Rumah Sakit Amerika Serika (USNS) Mercy dengan komandan kapal Tom William.

Selama delapam hari, tentara dari tujuh negara mengadakan latihan bersama dalam menangani bencana berupa pembangunan jalan evakuasi, shelter dan kesehatan. Tentara dari tujuh negara dimaksud, Amerika, Auustralia, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Selandia Baru dan Indonesia.

Selain, mengerahkan kapal rumah sakit, sekitar kurang lebih 2.711 personel TNI dan AS yang terdiri dari 1.609 Indonesia dan 1.102 dari Amerika.

“Tidak hanya Amerika, tetapi USPACOM juga mengandeng negara lain seperti Australia, Kanada, Jepang, Selandia Baru dan Korea Selatan”, ungkapnya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.