Jumat, 28 Januari 22

Arus Mudik Ramai, Posko Kesehatan Cikalong Mulai Sibuk

Arus Mudik Ramai, Posko Kesehatan Cikalong Mulai Sibuk

Karawang, Obsessionnews – Jalur mudik Pantai Utara Jawa (Pantura) mulai ramai dilalui pemudik pada H-5 Lebaran. Tak ayal membuat petugas kesehatan mulai sibuk melayani pemudik yang meminta ‘pertolongan’ kesehatan.

Seperti dalam pantauan Obsessionnews di posko kesehatan Cikalong, Karawang, Jawa Barat. Posko ini dibuka sejak pagi hingga menjelang tengah malam dengan 3 hingga 4 petugas yang standby. Rutinitas petugas kesehatan ini akan dilakukan hingga H+7 Lebaran.

Tuti Alawiyah, salah satu petugas menuturkan pemudik yang meminta pertolongan pada umumnya mengeluhkan luka lecet akibat jatuh, ispa dan pusing. Pemudik ini datang dari Jakarta, Bekasi maupun Tangerang.

“Ada biasanya karena pusing saja atau karena ispa. Tadi ada yang mudik dia lecet-lecet karena dia jatuh dari motor,” ujar Tuti saat ditemui Obsessionnews, Minggu (12/7/2015).

Posko kesehatan2

Tuti bersama dua petugas lainnya menempati posko ukuran 3×3 meter. Fasilitas yang mereka siapkan diantaranya velbed, ambulance, ditambah obat-obatan seperlunya. Ambulance akan disiagakan untuk membawa pasien ke rumah sakit rujukan terdekat.

“Mobil ambulance standby kalau ada apa-apa kita rujuk ke rumah sakit yang sudah kerjasama dengan dinas,” jelas dia.

Ia mengatakan tidak hanya pemudik, posko ini juga diadakan untuk membantu masyarakat lokal dan petugas pengamanan lebaran dari polisi, DLLAJ, maupun unsur bantuan dari TNI dan ormas.

“Targetnya semua, terutama yang mudik tapi umum kalau ada keluhan minta ditensi, polisinya juga minta kalau berobat bisa,” ungkapnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.