Jumat, 19 April 24

Arus Mudik Padat, Petugas Berlakukan Contra Flow

Cikarang, Obsessionnews.com – Volume lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek sejak tadi malam terus mengalami peningkatan. Saat ini terpantau kepadatan dari kilometer 20 hingga kilometer 29.

Kepadatan arus mudik ini juga terjadi selepas gerbabg tol Cikarang Utama (Cikarut) sampai kilometer 36.

Untuk mencairkan kepadatan PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek saat ini melakukan rekayasa lalu lintas contra flow. Contra flow yang diberlakukan di dua titik.

Untuk diketahui contra flow adalah rekayasa lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya menjadi melawan arus guna mengatasi kemacetan yang terjadi.

Contra flow pertama sudah dilakukan di kilometer 32 sampai kilometer 41 untuk mencairkan kepadatan di kilometer 36, juga di kilometer 39 jelang rest area.

“Contra flow di kilometer 32 sampai 41 telah diberlakukan baru saja pukul 09.25 WIB,” kata Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, Jumat (23/6/2017).

Heru mengatakan setelah dilakukan pertama, arus mudik akan ditarik lagi dengan contra flow kedua dari kilometer 13 hingga kilometer 21.

“Pengguna jalan yang akan memanfaatkan contra flow agar mengambil lajur kanan,” imbuhnya.

Menurut Heru, pemberlakuan contra flow adalah diskresi kepolisian. Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek hanya menyiapkan sarana pendukung seperti rambu, rubber cone dan petugas.

Petugas Jasa Marga di lapangan terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian PJR guna memantau perkembangan lalu lintas sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan membuat rekayasa lalu lintas untuk mencairkan kepadatan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.