Minggu, 24 Oktober 21

Arus Dana Asing Banjiri Pasar Saham Hingga 747 M

Arus Dana Asing Banjiri Pasar Saham Hingga 747 M

Jakarta, Obsessionnews – Pelaku pasar terutama pemodal lokal melakukan aksi ambil untung atas saham-saham di sektor pertambangan setelah rally dalam beberapa pekan terakhir.

Pengamat pasar modal David Setyanto menjelaskan pasar digerakkan oleh derasnya arus dana asing yang masuk seiring kebijakan dana murah (easy money) yang dipilih banyak negara saat ini untuk menahan perlambatan ekonomi global.

“Arus dana asing juga terus membanjiri pasar saham, tercermin dari pembelian bersih asing hingga Rp 747 miliar di tengah nilai transaksi di pasar reguler yang mencapai Rp7,1 triliun,” jelas David kepada Obsessionnews.com, Senin (21/3/2016).

Sentimen positif pasar akhir pekan lalu turut ditopang putusan The Fed yang menahan tingkat bunganya di 0,5 persen dan menurunkan proyeksi kenaikan tingkat bunga FFR tahun ini menjadi dua kali dari rencana sebelumnya empat kali.

Indeks The MSCI Emerging Market akhir pekan lalu naik 1,2 persen merespon kebijakan The Fed tersebut.

selain itu, Pasca penurunan BI Rate 25 bp menjadi 6,75 persen, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak bervariasi pada perdagangan akhir pekan lalu dan tutup stagnan di 4885,708 setelah sempat menguat menembus 4900 disesi pertama. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.