Minggu, 23 Januari 22

Artis Perlu Berbisnis

Artis Perlu Berbisnis
* Para artis yang tergabung dalam Himpunan Artis Pengusaha Seluruh Indonesia (Hapsi).

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebuah wadah artis dan pengusaha telah lahir. Namanya Himpunan Artis Pengusaha Seluruh Indonesia (Hapsi).  Artis yang tergabung di organisasi ini bukan hanya artis film atau artis sinetron, tetapi juga pelukis, sutradara, pelawak, dan lain sebagainya.  Singkat kata Hapsi adalah kumpulan  pelaku seni yang berkecimpung di dunia bisnis.

Hapsi didirikan di Jakarta, Selasa, 27 September 2016. Inisiatornya adalah empat artis senior yang populer di era 1970-an hingga 1980-an, yakni Alicia Djohar, Ida Leman, Asmiar Yahya, dan Leily Sagita, serta pelukis Yuma Shannelom.  Di antara kelima inisiator tersebut Yuma merupakan yang termuda. Para inisiator yang didukung puluhan deklarator memberikan kepercayaan kepada Yuma menduduki kursi Ketua Umum Hapsi dalam acara temu deklarator Hapsi di gedung Obsession Media Group (OMG), Jl. Kedondong 161 Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (27/9).  Sedangkan Alicia Djohar menempati posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen), Leily Sagita (Bendahara Umum), Asmiar Yahya (Wakil Ketua Umum), dan Ida Leman (Wakil Ketua Umum). Direncanakan Hapsi dideklarasikan di Hotel Crown, Jakarta, pada 29 Oktober 2016.

Penunjukan Yuma sebagai Ketua Umum Hapsi mempunyai alasan kuat, yakni dia dikenal memiliki jaringan pergaulan yang luas dan sering menggelar pameran lukisan di berbagai daerah. Karena memiliki jaringan yang luas tersebut Yuma diharapkan dapat membantu memasarkan produk para anggota Hapsi.

Dalam pidatonya selaku Ketua Umum Hapsi Yuma akan menyosialisasikan Hapsi dan bertekad  mengajak para artis bergabung dengan organisasi ini. “Mari kita sama-sama bekerja keras untuk membesarkan Hapsi, “  katanya.

Keberadaan Hapsi,lanjutnya, penting untuk memberdayakan ekonomi artis.

Artis tidak berpenghasilan tetap. Profesi ini memang rawan, karena tidak menjanjikan penghasilan yang rutin dan pasti. Oleh karena itu profesi artis tidak bisa diandalkan untuk sandaran di hari tua.  Banyak contoh artis yang berjaya di masa mudanya, namun jatuh miskin di hari tua. Bahkan saat sakit mereka tidak memiliki uang untuk berobat.

Menyadari profesi artis tidak bisa dijadikan untuk sandaran di hari tua itulah Hapsi mendorong para artis untuk berbisnis. Menurut  Alicia Djohar, artis perlu berbisnis agar tetap survive. “Kalau nggak ada job syuting para artis itu kan nganggur. Belum ada kepastian kapan akan dapat job lagi. Oleh karena itu saya mendorong artis itu berbisnis. Berbisnis apa saja, yang penting halal,” kata Alicia.

Berbisnis itu penting,karena seperti dikatakan Rasulullah SAW  bahwa  90% rezeki itu berasal dari dunia dagang dan 10% dari usaha-usaha yang  lain. (@arif_rhakim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.