Senin, 8 Maret 21

Arif Sugiyanto akan Menghapus dan Melebur Dua Dinas di Kebumen

Arif Sugiyanto akan Menghapus dan Melebur Dua Dinas di Kebumen
* Arif Sugiyanto saat menggelar saresehan bersama kepala desa se Kecamatan Prembun. (Foto: Baruddin)

Kebumen, Obsessionnews.com – Bupati Kebumen terpilih Arif Sugiyanto menghendaki adanya efisiensi kinerja para ASN di lingkup pemerintah kabupaten atau Pemkab karena jumlah mereka terbatas. Karena itu, ada beberapa kebijakan akan dilakukan, di antaranya yakni penghapusan dua dinas.

Arif mengatakan, ada dua dinas yang akan diganti nomenklaturnya dan akan dilebur dengan dinas lain. Dua dinas itu yakni, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan digabungkan dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Bapenda secara aturan memang harus digabungkan dengan BPKAD,” ujar Arif saat menggelar saresehan bersama para kepala desa se Kecamatan Prembun di Kediaman Ketua DPRD Kebumen Sarimun, yang juga dihadiri Wakil Bupati Kebumen terpilih Ristawati Purwaningsih dan Camat Prembun Ahmad Ngaisom, pada Senin (25/1/2021) malam.

Baca juga: Syukuran Penetapan Bupati Kebumen Terpilih Arif Sugiyanto Dilakukan Sederhana

Adapun dinas satunya lagi, yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH). Dinas ini akan dihapus, dan dipisah. Perumahan dan Kawasan Permukiman atau Perkim akan digabungkan dengan Dinas Perhubungan (Dishub)

Sedangkan Lingkungan Hidup atau LH akan digabungkan dengan Dinas Kelautan Dan Perikanan atau Dinlutkan. Arif menyatakan, peleburan dua dinas ini tidak lain untuk efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas, efisiensi anggaran, serta agar tidak tumbang tindih aturan dengan dinas yang lain.

Baca juga: Bayar Listrik Sebulan Rp8 Miliar, Arif Sugiyanto Akan Ganti Lampu Kota dengan Energi Tata Surya

“Kita pasokan ASN terbatas, sehingga perlu sekali adanya efektifitas dalam bekerja. Sehingga kami pandang dua dinas ini memang perlu dileburkan,” jelas Arif yang kini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen.

“Dengan peleburan ini diharapkan Dinas Perhubungannya semakin besar, Dinas Kelautannya semakin besar, pendapatan daerah serta aset daerah kita juga semakin besar. ASN kita juga bisa terpacu agar lebih giat lagi berkerja untuk masyarakat,” tambah Arif.

Dalam kesempatan itu, Arif juga menyatakan, usai resmi dilantik sebagai Bupati Kebumen, pihaknya akan memberikan perhatian kepada Kecamatan Prembun, wilayah Kebumen yang paling ujang disisi timur. Ia berjanji akan mempoles wajah Prembun menjadi lebih baik.

Baca juga: Jumlah Bantuan RTLH Akan Ditambah, Wabup Kebumen: Jangan Lagi Dipotong

“Prembun ini merupakan wajah Kota Kabupaten Kebumen dari sisi timur yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten tetangga. Ini pintu gerbangnya Kebumen, sehingga perlu kita poles wajahnya,” ucap Arif.

Bentuk polesannya itu, misalnya merombak dan menata kembali alun-alun Prembun agar semakin bersih, indah dan nyaman. Lalu revitalisasi Terminal Prembun, agar bisa digunakan lagi, dan bisa memberikan manfaat lebih besar terhadap masyarakat. Serta pemanfaatan aset-aset desa. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.