Selasa, 23 April 24

Arief Yahya: Branding Wonderful Jangan Disalahgunakan

Arief Yahya: Branding Wonderful Jangan Disalahgunakan
* Menteri Pariwisata Arief Yahya (berbaju batik).

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Parawisata (Manpar) Arief Yahya mengatakan, branding Wonderful Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya, semua orang berhak menggunakan lambang itu untuk mendorong parawisata di Indonesia.

“Wonderful Indonesia itu kan milik seluruh rakyat Indonesia, siapa saja bisa pakai selama tujuannya untuk mendorong pariwisata Indonesia,” ungkapnya pada Obsessionnews.com usai menerima penghargaan Obsession Award 2016 di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (2/3/2016) malam.

Tiap pemerintah daerah diwajibkan mengembangan daerahnya melalui potensi wisata. Kesuksesan meningkatkan parawisata secara tidak langsung akan meningkatkan pemasukan daerah, bahkan akan menambah popularitas pimpinan daerah setempat.

Wonderful Indonesia

Branding Wonderful Indonesia memang milik semua rakyat Indonesia, namun bukan disalahgunakan untuk kepentingan politik. Jika tujuannya untuk mengembangkan parawisata Indonesia bukan berarti mengubah bentuk logo atau redaksi kalimat logo, sebab gambar logo memiliki hak paten.

“Lambang Wonderful Indonesia itu milik rakyat Indonesia, jadi siapapun boleh pakai. Tapi kita sarankan tentunya untuk kepentingan yang positif. Kalau itu untuk kebutuhan positif tidak apa-apa. Kepentingan positif terutama untuk kepentingan parawisata . Tapi kalau untuk kepentingan yang lainnya janganlah,” tegasnya.

Fenomena Muna Barat sempat digemparkan dengan postingan Muhammad Yan Surya Panca lewat akun facebooknya,  di mana mengunggah lambang wonderful Indonesia dengan mengubah namanya menjadi Garuda Gerakan Rajiun Tumada, Kamis, (25/2).

Lewat postingannya itu, Muhammad Yan Surya juga menuliskan “Tim Garuda (Gerakan Rajiun Tumada) siappp… mengawal Rajiun Tumada Menuju 01 Muna Barat’. Muhammad Yan Surya mengaku bahwa yang mengubah redaksi dalam logo adalah hasil desainnya.

Wonderful Indonesia-

Secara tidak langsung postingan itu memancing publik berkomentar dan mengecam postingan gambarnya. Postingan logo itu sempat dibahas di grup Muna Barat Watch berikut beberapa komentar :

Ramadhan Feni Gambar adalah simbol yang memiliki arti, membuat logo dari wonderfull Indonesia membutuhkan ketajaman ide dan cara fandang. Kalo cuma kopas sangat ditau gimana ide dan cara pandangmu mental Copas..

Iwan Kogualino Miriss

Ramadhan Feni Miris hanya kopas yang ditau copy paste.. hahaha

Muhammad Yan Surya Pancana Hehehehehe ini hanya sebuah gagasan dr Pak Rajiun dalam gerakan2x dalam pengembangan potensi wisata di muna barat… smile emotikon tapi kalau teman2 berpikir dr sudut politik… smile emotikonnnt sy buatkan sendiri yang lebih jelasnya kelompok yang mendukung rajiun… smile emotikon

Abdoel Radjab Sabaroeddien Mereka pikir tidak ada hak ciptanya logo ini…. Mereka pikir tidak di lindungi undang-undang… Sedih lihat kreator seperti ini… Dengan cita rasa seni yang sangat rendah… Sehingga menciptakan hasil yg tidak berkwalitas…. Merusak nilai sebuah tujuan.. Karakter orangnya pasti mengikut-mengikut saja… dan itu digambarkan oleh karyanya… huummhhh….

Iwan Kogualino Melanggar UU Hak Cipta

Muhammad Yan Surya Pancana Yang merasa di rugikan… silahkan laporkan… smile emotikon alamat dan identitas sy jelas… smile emotikon

Muhammad Yan Surya Pancana Sampaikan mi kemenpar paenk… grin emotikon

Amirudin Ako Tdk kreatif lah lg pula nib s berdimensi hukum lo, soal hak cipta

Kata Arief, promosi dan branding parawisata yang dilakukan salama ini sudah membuahkan hasil. Jumlah wisatawan mancanegara sepanjang 2015 sebesar 5,81% mengakibatkan daya saing di dunia meningkat urutan ke-50 yang sebelumnya peringkat ke-70. Begitu pula branding Wonderful Indonesia melejit keurutan ke-47 dunia yang sebelumnya menempati urutan  ke-144. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.