Selasa, 23 April 24

Apkasi Diharapkan Lebih Lincah Serap Aspirasi dari Daerah

Apkasi Diharapkan Lebih Lincah Serap Aspirasi dari Daerah
* Sekretaris Jenderal Apkasi Remigo Yolando Berutu (Bupati Pakpak Bharat) saat menjadi moderator Urun Rembug Pemantapan Peran Koordinator Regional & Koordinator Wilayah Apkasi di Bali, Kamis (8/11/18). (Foto: Apkasi)

Bali, Obsessionnews.com -Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memiliki anggota sebanyak 416 pemerintah kabupaten. Cakupan wilayah anggotanya yang tersebar di seluruh tanah air terebut mendasari Apkasi untuk memperkuat roda organisasi dengan menggelar rapat atau urun rembug koordinator regional (koreg) dan koordinator wilayah (korwil) di Bali, Kamis-Jumat (8-9 November 2018). Urun rembug yang mengusung tema “Pemantapan Peran Koordinator Regional & Koordinator Wilayah Apkasi” ini diharapkan bisa menyerap aspirasi dan permasalahan yang timbul di daerah.

Foto bersama usai Urun Rembug Pemantapan Peran Koordinator Regional & Koordinator Wilayah Apkasi di Bali, Kamis (8/11/18). (Foto: Apkasi)

Wakil Ketua Umum Apkasi, Saiful Illah dalam sambutannya menyampaikan Apkasi memiliki 6 koreg yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali-NTB dan NTT serta Papua-Papua Barat-Maluku dan Maluku Utara. Di dalam wilayah koreg ini terdapat 34 korwil yang merepresentasikan jumlah provinsi. Bupati Sidoarjo ini memberikan apresiasi kepada koreg dan korwil yang hadir dan telah suka rela di sela-sela kesibukannya sebagai kepala daerah namun masih mau mengurus organisasi.

“Dari pertemuan ini diharapkan terjalin hubungan dan komunikasi yang harmonis antar koreg dan korwil serta dewan pengurus harian dan staf sekretariat Jakarta. Sehingga Apkasi lebih lincah dalam menyerap aspirasi dari daerah,” tutur Saiful seperti dikutip obsessonnews.com dari keterangan tertulis Apkasi Jumat (9/11).

Sementara itu Remigo Yolando Berutu yang baru dua minggu menjabat Sekretaris Jenderal Apkasi menggantikan Nurdin Abdullah yang kini didaulat menjadi Gubernur Sulawesi Selatan mengaku terhormat bisa berinteraksi untuk pertama kalinya dan kenal lebih dekat dengan para koreg dan korwil Apkasi.

“Selaku Sekjen Apkasi yang baru, kami akan mencoba melihat apa yang bisa dioptimalkan di sisa tahun anggaran 2018, sambil melihat dan menghimbun rencana-rencana yang bisa dilakukan di tahun depan. Dengan tersebarnya koreg dan korwil dalam mengcover wilayah Indonesia, tentu banyak tantangan yang dihadapi, sehingga pertemuan semacam ini jelas sangat diperlukan. Saya yakin Apkasi ini akan menjadi asosiasi yang kuat, bermartabat dan memiliki posisi strategis di mata nasional bahkan internasional, jika didukung oleh peningkatan peran dan keaktifan para koreg dan korwil Apkasi di daerah,” tutur Bupati Pakpak Bharat ini.

Remigo juga menambahkan dewan pengurus dan staf kesekretariatan tentu tidak boleh berpuas diri dengan apa yang telah dicapai sekarang ini.

“Kami sadar masih banyak yang harus dibenahi, sehingga berkumpulnya para koreg dan korwil di urun rembug seperti ini tentu sangat penting. Di sini kita bisa mendapatkan insight dari sharing para koreg maupun korwil melalui best practices yang telah mereka lakukan selama ini. Dan jika memungkinkan hal ini bisa ditiru di daerah lain,” tandas Remigo. (Iwan/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.