Jumat, 27 Mei 22

Apel Malang Disulap Menu Special Hotel Bintang Lima

Apel Malang Disulap Menu Special Hotel Bintang Lima

Surabaya, Obsessionnews – Siapa bilang buah hasil petani lokal kalah dengan buah impor. Chef Kelana beserta timnya dari Hotel Ciputra World Surabaya justru lebih memilih mengolah beragam menu spesial dengan bahan dasar buah lokal. Mereka menilai, seperti buah Apel Malang yang rasanya asam dan bentuknya kecil ini, tidak melirik kekurangannya.

Namun, menjadikan sebuah kelebihan dan layak mendapat tempat di meja makan pengunjung Hotel Ciputra World berstandar bintang lima ini.

“Apel Malang itu buah yang unik, tapi jarang sekali orang yang mau mengolahnya menjadi sebuah dessert yang otentik. Padahal rasa unik inilah, yang justru cocok dengan produk-produk pattiserie,” ucap Kelana dalam keterangan resmi yang diterima Obsessionnews, Senin (16/5/2016).

Kelana beralasan, ingin menanamkan rasa cinta produk sendiri kepada orang-orang yang mampir makan di hotel ini.

“Kalau hasil budidaya petani kita kualitasnya sama bagus, kenapa harus pilih produk impor?” ungkap Kelana.

“Lagipula kalau dihitung ulang, konsumsi Apel Malang ini justru lebih hemat daripada apel impor. Apel impor per kilonya bisa mencapai 60 hingga 70 ribu, sementara Apel Malang hanya 20 hingga 25 ribu per kilonya,” jelasnya.

apel Malang disulap -

Adapun olahan Apel Malang itu sendiri, dibuat dalam berbagai jenis, dan disajikan dalam kemasan Afternoon Tea. Jenis-jenisnya antara lain : Apple Crumble Pie, Cheese Apple Pannacotta, Cinnamon Apple Almond, Berlinier dengan Selai Apel, Baked Apple dengan Saus Srikaya, dan masih banyak yang lainnya.

Dari semua jenis olahan Apel Malang tersebut, Chef Kelana menyebutkan salah satu menu favoritnya, yaitu Baked Apple dengan Saus Srikaya. Mengapa Srikaya?

Menurut penelitian, buah Srikaya memiliki banyak manfaat, diantaranya menurunkan kolesterol tinggi, sebagai obat diare dan mencegah asma, menurunkan hipertensi, serta juga baik untuk penderita diabetes.

Sayangnya tidak banyak orang yang tahu, bagaimana cara mengolah buah Srikaya dengan baik.
“Olahan Srikaya kali ini, selain dibuat sebagai saus pelengkap makan apel, juga akan dibuat dalam bentuk selai dan berbagai macam dessert,” tambahnya.

Dia juga memastikan, olahan Srikaya hasil kreasinya bersama timnya, dijamin lebih tasty dan segar, serta mengundang selera.

Selain Baked Apple dengan Saus Srikaya, menu lain yang menjadi sorotan, dan masih menjadi bagian dari paket Afternoon Tea tersebut adalah menu Ayam Rempah. Berbeda dengan menu ayam rempah kebanyakan, yang satu ini diolah tanpa menggunakan penyedap rasa sama sekali. Murni rempah rempah, yang kebanyakan tersedia di pasar lokal Surabaya.

Adapun menu ini dibuat untuk mengurangi ketergantungan pemakaian penyedap, sekaligus mengenalkan pada pengunjung macam rempah-rempah tradisional Indonesia, yang juga bisa menjadi pengganti penyedap rasa. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.