Jumat, 19 April 24

Apakah Asuransi Umum Menanggung Mobil Ketumpahan Cat?

Apakah Asuransi Umum Menanggung Mobil Ketumpahan Cat?
* Ilustrasi mobil ketumpahan cat. (Foto: dok. Lifepal)

Obsessionnews.com – Beberapa waktu lalu viral di media sosial sebuah mobil yang seluruh bodinya ketumpahan cat. Melihat kondisi itu pasti Anda berpikir, apakah mobil ketumpahan cat merupakan risiko yang ditanggung asuransi umum?

Memiliki asuransi mobil merupakan cara bijak untuk memproteksi kendaraan dari berbagai risiko yang bisa dialami di kemudian hari.  Hanya saja ternyata tidak semua risiko ditanggung asuransi.

 

Baca juga:

Lifepal Bagi Tips Kenali Hill Hold Control agar Aman saat Mobil Menanjak

Perluas Pemasaran Asuransi Kendaraan Bermotor, Lifepal Jalin Kerja Sama dengan Asuransi Rama

 

 

Karena tidak semua jenis risiko ditanggung asuransi, maka penting untuk Anda mengetahui detail berbagai risiko yang mendapatkan cakupan produk proteksi yang dimiliki.

Untuk itu Lifepal.co.id sebagai marketplace asuransi tepercaya di Indonesia yang pelaksanaannya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan beberapa jenis risiko yang ditanggung asuransi umum. Untuk jelasnya mari simak pemaparan Co-Founder sekaligus CMO Lifepal Benny Fajarai dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/5/2023) berikut ini:

Mobil Ketumpahan Cat Termasuk Risiko yang Ditanggung Asuransi Umum?

Apakah mobil yang ketumpahan cat secara tidak sengaja ditanggung asuransi mobil?

Jawabannya tergantung pada ketentuan dan perjanjian dalam polis asuransi mobil yang Anda miliki, apakah ketumpahan cat secara tidak sengaja termasuk dalam cakupan perlindungan.

Karena itu penting untuk melihat dan memahami dengan cermat perjanjian polis asuransi mobil yang Anda miliki dan konsultasilah dengan perusahaan asuransi yang dipilih untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Seperti diketahui, pertanggungan asuransi mobil umumnya mencakup beberapa risiko utama, meskipun cakupan yang dimiliki berbeda-beda antara perusahaan asuransi satu dengan lainnya. Untuk itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai risiko yang ditanggung asuransi umum.

Adapun beberapa pertanggungan umum dalam asuransi mobil terdiri dari:

Kerugian atau kerusakan akibat kecelakaan

Kondisi ini melibatkan biaya perbaikan mobil akibat tabrakan atau kecelakaan mobil lainnya.

Tindakan pencurian

Proteksi terhadap pencurian mobil atau kerusakan yang disebabkan oleh upaya tindakan pencurian.

Kerusakan yang disebabkan bencana alam

Perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, gempa bumi, atau badai.

Tanggung jawab hukum pihak ketiga

Melindungi Anda dari klaim hukum dari pihak ketiga yang mungkin mengalami cedera atau kerusakan properti karena kecelakaan yang melibatkan mobil Anda.

Perlindungan terhadap kerusakan sebagian atau total

Jika mobil mengalami kerusakan parah yang membutuhkan tindakan perbaikan atau penggantian, maka asuransi mobil dapat menanggung biaya-biaya tersebut.

Perluasan Asuransi

Jika telah memiliki asuransi mobil, sebaiknya lengkapi dengan perluasan manfaat di luar paket asuransi umum. Pasalnya, kerusakan pada mobil akibat bencana alam seperti banjir dan gempa bumi tidak ditanggung asuransi umum.

Jika Anda menambahkan perluasan asuransi kendaraan untuk berbagai risiko tersebut dalam polis asuransi yang dimiliki, maka dapat membuat Anda lebih tenang karena mobil sudah terproteksi dengan baik. Sebab, beragam kemungkinan kerugian karena risiko hal yang tidak ditanggung oleh asuransi mobil dasar sudah bisa Anda peroleh.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memilih perluasan cakupan pada asuransi mobil yang dimiliki:

Perlindungan lebih komprehensif

Dengan perluasan cakupan, Anda dapat memperluas perlindungan asuransi mobil yang dimiliki untuk melindungi dari berbagai risiko lebih luas.

Ini dapat mencakup perlindungan terhadap kerusakan akibat tindakan vandalisme, kebakaran, atau kerusakan akibat benturan dengan hewan.

Tidak menjadi beban pikiran

Memiliki asuransi mobil lengkap dengan perlindungan yang menyeluruh, Anda dapat merasa lebih tenang karena Anda memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap risiko yang mungkin terjadi.

Menghindari beban keuangan

Jika terjadi kecelakaan atau kerusakan yang signifikan pada mobil Anda, memiliki asuransi mobil yang lengkap dapat membantu meringankan beban keuangan yang timbul dari biaya perbaikan atau penggantian mobil.

Perlindungan terhadap risiko tambahan

Beberapa perluasan cakupan juga dapat memberikan perlindungan terhadap risiko tambahan seperti biaya penggantian kunci yang hilang atau biaya mobil pengganti selama mobil dalam perbaikan.

Penyesuaian dengan kebutuhan individu

Setiap pemilik mobil memiliki kebutuhan perlindungan berbeda-beda. Memilih perluasan cakupan pada asuransi mobil yang dimiliki, maka Anda dapat menyesuaikan perlindungan sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Memiliki asuransi mobil perlindungan menyeluruh dengan perluasan risiko memberikan beberapa manfaat. Selain memiliki asuransi mobil, proteksi lain yang tak kalah penting dipilih adalah asuransi kesehatan yang akan menanggung berbagai pengeluaran tak terduga terkait masalah kesehatan. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.