Rabu, 27 Oktober 21

Apa Kabar Rupiah Pagi Ini?

Apa Kabar Rupiah Pagi Ini?

Jakarta, Obsessionnews – Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus mendapatkan tekanan. Sentimen internal, diduga menjadi salah satu faktor utama pelemahan duit Garuda dalam tempo singkat.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia menyebutkan, jumlah penjualan kendaraan roda empat kembali turun tajam, serta pertumbuhan ekonomi nampaknya masih bakal rendah pada triwuan II tahun 2015 ini.

Keluarnya aliran dana dari pasar keuangan pun disebut-sebut ikut berperan dalam pelemahan rupiah. Ini, terjadi setelah rupiah masih bergerak di kisaran sempit dengan sedikit tekanan pelemahan pada perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, dollar AS yang menguat terhadap sejumlah mata uang Asia hingga kemarin sore, juga berperan dalam pelemahan duit Garuda.

Meski sempat sedikit menguat pada pembukaan, imbal surat utang negara (SUN) juga kembali naik. Kenaikan imbal hasil obligasi Yunani, sepertinya juga bakal mempengaruhi pergerakan imbal hasil di negara berkembang.

Pasar global sendiri, masih terus memonitor perkembangan negosiasi Yunani serta menunggu hasil pertemuan FOMC yang digelar pada Kamis dini hari besok.

Setelah angka penjualan properti di Amerika Serikat berhasil naik, dollar AS juga menguat tipis. Selain itu, meningkatnya permintaan atas safe-haven seiring naiknya ekspektasi Yunani untuk keluar dari Zona Euro juga disebut mendongkrak nilai duit Paman Sam.

Inflasi di Zona Euro yang bakal diumumkan sore ini, diperkirakan tinggi.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.