Rabu, 17 Agustus 22

Apa Itu Illuminati, Istilah yang Dihubungkan dengan Masjid Al-Safar?

Apa Itu Illuminati, Istilah yang Dihubungkan dengan Masjid Al-Safar?
* Simbol illuminati atau mata Dajjal. (Foto: Medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Istilah illuminati (mata Dajjal) mendadak ramai diperbincangkan di media sosial karena dihubungkan Masjid Al-Safar rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Masjid ini disebut netizen mirip dengan illuminati atau mata Dajjal. Sebenarnya apa sih Illuminati itu, dan mengapa sampai bikin geger?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu diketahui bahwa masjid Al-Safar sudah diresmikan pada 19 Mei 2017. Tempat ibadah ini punya bangunan asimetris yang menampilkan lekukan serta lipatan sehingga membentuk pola-pola segitiga. Selain itu, konsep bangunan masjid itu adalah eksperimentasi teori lipat Folding Architecture.

Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memberi label informasi palsu atau hoax soal keterkaitan masjid yang terletak di tempat peristirahatan atau KM 88 Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta tersebut dengan Illuminati. Pihaknya heran mengapa hal itu baru diributkan sekarang padahal Masjid sudah berdiri sejak lama.

Berdasarkan data yang dihimpun, Illuminati didirikan oleh seorang profesor hukum Universitas Ingolstadt di Jerman bernama Adam Weishaupt pada 1 Mei 1776. Kata Illuminati berasal dari bahasa Latin ‘illuminatus’ yang artinya tercerahkan.

Illuminati sama seperti kelompok Freemasons, yaitu organisasi rahasia yang melawan pengaruh agama pada kehidupan masyarakat, namun mempraktikkan ritual-ritual pagan. Mereka seperti tidak percaya dengan seluruh praktik keagamaan.

Weishaupt meyakini bahwa masyarakat seharusnya tidak diatur oleh ajaran agama, namun sebaliknya. Mereka harus mendapat kebebasan dan tidak terpaku pada standar moral yang ditentukan oleh agama.

Meski begitu, Illuminati menentang penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah, serta mengharapkan pemerintah tetap memberikan ruang yang aman bagi masyarakat dalam mengeluarkan kritikan, berdebat dan bebas berpendapat.

Tak ayal kemunculan Illuminati dianggap sebagai teori konspirasi. Artinya, organisasi ini layaknya sebagai maha penguasa yang mengendalikan seluruh dunia tapi beroperasi diam-diam.

Dikatakan demikian karena mereka memang punya misi khusus, yakni menentukan arah peradaban manusia guna membentuk ‘Tatanan Dunia Baru’ (Novus Ordo Seclorum) dan ‘Pemerintahan Satu Dunia’ (E Pluribus Unum).

Bahkan, illuminati disebut-sebut berada di balik Revolusi Prancis, pecahnya Perang Dunia I dan II, pembunuhan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, serta peristiwa 11 September 2001.

Bukan itu saja, logo Illuminati secara sembunyi-sembunyi juga terselip di dalam novel, film, acara TV, komik, video klip, dan bahkan gambar mata satu yang ada di lembaran dolar Amerika Serikat. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.