Minggu, 25 September 22

Apa Bedanya Entrepreneur dengan Pengusaha? Simak Ulasannya

Apa Bedanya Entrepreneur dengan Pengusaha? Simak Ulasannya
* Ilustrasi pengusaha. (Foto: Medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Jika mendengar kata entrepreneur pasti selalu dikaitkan dengan pengusaha. Begitu juga sebaliknya. Entrepreneur dan pengusaha seolah-olah punya arti yang sama. Padahal jika ditelusuri lebih dalam keduanya punya makna yang berbeda.

Lalu apa saja perbedaannya? Mari simak ulasannya

1. Tujuan membangun usaha

Kalau dari segi pengusaha, tujuan menjalankan bisnis bagi mereka adalah mendapatkan keuntungan, keuangan yang lebih stabil, dan menjadi sukses. Berbanding terbalik dengan seorang entrepreneur. Dalam merintis bisnis, mereka lebih mengedepankan tujuan untuk memberikan perubahan di sekitar.

Selain itu, entrepreneur juga fokus mengembangkan passion mereka sehingga di pencapaian akhir, mereka akan lebih berkembang dan mendapatkan kepuasan. Tujuan entrepreneur aspeknya lebih luas.

2. Dari segi Ide

Dari segi ide bisnis, seorang pengusaha biasanya akan memilih membangun bisnis sesuai ide yang sedang tren di sekitarnya dan terlihat memiliki keuntungan yang besar. Biasanya ide seorang pengusaha mengikuti arus.

Lain halnya dengan entrepreneur, mereka justru ingin menjadi pencetus ide yang akan menjadi tren. Ide yang terlintas di pikiran mereka biasanya unik, dan tak banyak orang yang memikirkannya.

3. Dalam hal risiko

Perbedaan juga terlihat dalam cara menerima risiko. Pengusaha cenderung memperhitungkan risiko dan terlalu berhati-hati dalam menjalankan bisnis, karena takut penghasilannya berkurang.

Adapun entrepreneur, mereka orang yang super berani. Demi mengejar passion, mereka tidak peduli risiko yang mengancam, berapa waktu yang akan dihabiskan, ataupun berapa jumlah uang yang harus mereka keluarkan. Yang jelas, mereka tidak sembarangan mengambil risiko, hasil yang mereka dapatkan juga sepadan dengan perjuangan.

4. Mencari kesempatan

Pengusaha umumnya sudah nyaman dan mempertahankan apa yang mereka miliki. Mereka enggak mau lagi mencari kesempatan baru. Sebaliknya, entrepreneur sejati tak pernah puas dan terus menerus mengeksplorasi bisnis mereka dan mencari kesempatan-kesempatan lain.

5. Sikap saat bekerja

Perbedaan terakhir dari sikap mereka saat bekerja. Pengusaha umumnya bertindak sewajarnya dan kadang mementingkan kepentingan-kepentingan lain di luar usahanya tersebut, apalagi jika ada peluang yang menguntungkan. Sedangkan, entrepreneur sejati akan mencintai bisnisnya dan benar-benar mengorbankan dirinya dalam pekerjaan tersebut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.