Sabtu, 23 Oktober 21

Antusiasme Masyarakat Terhadap Ahok-Heru Tinggi

Antusiasme Masyarakat Terhadap Ahok-Heru Tinggi
* Sejumlah anak muda antusias mengisi formulir dukungan untuk Ahok-Heru di sebuah booth Teman Ahok.

Jakarta, Obsessionnews – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menggandeng Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Duet Ahok-Heru diusung oleh komunitas relawan Teman Ahok , dan secara resmi dideklarasikan pada Senin (7/3/2016).

medium_Independen_web-03__1_

Sehari setelah deklarasi, formulir baru dukungan buat Ahok-Heru disebar ke 145 posko dan booth Teman Ahok di seluruh DKI. Sebelumnya sejak 2015 fomulir yang diedarkan hanya berisi nama calon gubernur (cagub), yakni Ahok. (Baca: Ahok Gandeng Heru Jadi Calon Wagub DKI)

Formulir juga dapat di-download di website temanahok.com. Dalam mengisi formulir, nomor telepon dan email adalah kolom yang wajib diisi untuk memudahkan dihubungi.

Juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, meng-upload foto sejumlah orang yang mengisi formulir dukungan buat Ahok-Heru di Mal Kelapa Gading 3 (MKG3), Jakarta Utara, di akun twitternya @amaliaayuningts, Rabu (9/3). (Baca: Teman Ahok Verifikasi Ulang KTP)

Warga mengisi formulir dukungan untuk Ahok-Heru di Mal Kelapa Gading 3 (MKG 3),Jakarta Utara.
Warga mengisi formulir dukungan untuk Ahok-Heru di Mal Kelapa Gading 3 (MKG 3),Jakarta Utara.

“Booth @temanAhok di MKG 3 dr pagi-sore nggak sepi. Antusisme msy DKI thdp formulir baru tinggi sekali! Trm ksh byk,” kicaunya.

Sementara itu seorang netizen bernama Winnie Sularto meng-upload foto akltivitas warga yang mengisi formulir dukungan untuk Ahok-Heru di akun twitternya, @WinnieSularto, Rabu (9/3). “Keramaian dukungan buat @temanAhok di pondok indah mal. #jakartabaru ,” kicaunya.

Aktivitas pengisian formulir dukungan untuk Ahok-Heru di Pondok Indah Mal,Jakarta Selatan.
Aktivitas pengisian formulir dukungan untuk Ahok-Heru di Pondok Indah Mal,Jakarta Selatan.

Selain itu tak sedikit warga yang mendatangi posko-posko Teman Ahok yang tersebar di berbagai kelurahan di DKI. Mereka dengan penuh semangat mengisi formulir dukungan untuk Ahok-Heru. (Baca: Luar Biasa! Ternyata KTP Untuk Ahok Kalahkan 11 Parpol)

Sorang sopir bemo menunjukkan formulir dukungan untuk Ahok-Heru yang telah diisinya.
Sorang sopir bemo menunjukkan formulir dukungan untuk Ahok-Heru yang telah diisinya.

Sejak Juni 2015 Teman Ahok bergerilya mengumpulkan sejuta KTP. Data yang dirilis Teman Ahok menyebutkan hingga Selasa(8/3) telah terkumpul sebanyak 781.472 KTP. 

Luar biasa! Ternyata KTP untuk Ahok tersebut mengalahkan perolehan suara 11 parpol peserta Pemilu 2014 di DKI. Yakni, Partai Gerindra sebesar 592.568 suara, PPP (452.224 suara), PKS (424.400 suara), Golkar (376.221 suara), Partai Demokrat (360.929 suara), Hanura (357.006 suara), PKB (260.159 suara), Nasdem (206.117 suara), PAN (172.784 suara), PBB (60.759 suara), dan PKPI (42.217 suara).

Tinggal sebuah parpol yang masih berada di atas perolehan KTP untuk Ahok, yakni PDI-P (1.231.843 suara). (Baca: PDI-P Gak Jelas, Ahok Nekat Lewat Jalur Independen)

Sebenarnya perolehan KTP tersebut melewati syarat minimum pengumpulan KTP, yakni 532.000 KTP. Hal ini berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi pada September 2015 yang mengubah aturan persyaratan pencalonan kepala daerah bagi calon independen untuk Pilkada 2017. Sebelumnya calon independen berdasarkan persentase penduduk, lalu diubah cukup berdasarkan persentase daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilu sebelumnya. Untuk Provinsi DKI Jakarta, syarat minimalnya adalah 532.000 KTP. (Baca: Jakarta Butuh Sosok Pemberani Seperti Ahok)

Kendati demikian Ahok meminta Teman Ahok tetap mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Ahok beralasan apabila ada KTP yang diverifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok.

Ahok juga mendapat dukungan dari Partai Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini secara resmi mendeklarasikan dukungannya pada Ahok, Jumat (12/2) lalu. Dukungan Nasdem tanpa syarat, yakni dipersilakan maju lewat jalur independen dan memilih sendiri wakilnya. Nasdem membantu Teman Ahok mempercepat pengumpulan sejuta KTP. Nasdem membentuk muda-Muda Ahok yang bersinergi dengan Teman Ahok dalam pengumpulan KTP. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.