Selasa, 29 September 20

Antusias Jemaah Sambut Hari Pertama Pembukaan Masjid Al-Aqsa

Antusias Jemaah Sambut Hari Pertama Pembukaan Masjid Al-Aqsa
* Jemaah mulai mendatangi Masjid Al-Aqsa. (Foto: Bukamatanews)

Yerusalem, Obsessionnews.com – Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dibuka kembali untuk jemaah pada Minggu (31/5/2020) setelah sebelumnya ditutup selama 2,5 bulan akibat pandemi COVID-19. Pembukaan masjid ini ditandai dengan datangnya jemaah untuk salat subuh.

Dilansir dari Reuters, Minggu (31/5/2020), jemaah berjumlah sekitar 700 orang tampak antusias berdoa di sana. Mereka meneriakkan ‘Allahu Akbar’ saat memasuki wilayah masjid. Beberapa jemaah juga berlutut dan mencium tanah.

“Setelah mereka membuka masjid, saya merasa bisa bernapas lagi. Alhamdulillah,” kata seorang warga Yerusalem, Umm Hisham, seusai menunaikan salat Subuh berjamaah di Masjid Al-Aqsa.

Menurut Dewan Wakaf Islam, penyebaran Covid-19 yang melambat membuat penutupan masjid ini diakhiri. Sebelumnya, masjid tersebut sudah ditutup sejak 15 Maret 2020.

Kendati telah dibuka, otoritas Muslim di sana memberlakukan sejumlah tindakan pencegahan penularan Corona karena masih terjadi di wilayah tersebut.

Setiap jemaah diwajibkan mengenakan masker jika hendak masuk ke Masjid Al-Aqsa. Mereka pun diharuskan membawa sajadah pribadi, baik ketika salat di dalam maupun area luar masjid.

Masjid Al-Aqsa ditutup pada 15 Maret lalu. Hal itu dilakukan setelah adanya penyebaran Covid-19 di wilayah Tepi Barat dan Israel. Tepi Barat telah mencatatkan 386 kasus Covid-19. Sementara Israel memiliki sekitar 17 ribu kasus. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.