Selasa, 29 September 20

Antisipasi Tindakan Korupsi, Netralitas ASN Sangat Penting di Pilkada 2020

Antisipasi Tindakan Korupsi, Netralitas ASN Sangat Penting di Pilkada 2020
* Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan. (Foto: Kapoy/obsessionews)

Jakarta, Obsessionnews.comNetralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) harus menjadi perhatian semua pihak terkait jelang Pilkada 2020.

Hal itu sangatlah penting dilakukan, karena untuk mengantisipasi tindakan korupsi di birokasi. Sebab kalau ASN tidak netral di Pilkada 2020 nanti, maka yang terjadi adalah birokrasi menjadi campur dengan politik. Bercampurnya birokrasi dengan politik praktis menjadi jalan masuknya berbagai kepentingan sesaat di pemerintahan.

“Birokrasi berpolitik adalah salah satu pangkal dari tindakan korupsi,” ujar Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan dalam kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN yang kedua dengan tema ‘ASN Netral, Birokrasi Kuat dan Mandiri’ yang digelar KASN, Rabu (5/8/2020).

Untuk itu, dia mengajak semua pihak yang terlibat dalam Pilkada serentak 2020 baik penyelenggara Pemilu, peserta, partai politik, pejawat hingga masyarakat sebagai pemilih sama-sama memiliki komitmen agar menolak adanya penyalahgunaan wewenang ASN di penyelenggaraan pilkada.

“Kita dalam forum ini bersepakat Pilkada serentak harus bebas dari tindakan penyalahgunaan kewenangan, utamanya oleh petahana yang akan maju kembali,” ujar Nainggolan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.