Rabu, 10 Agustus 22

Antisipasi Lonjakan Mobilisasi Masyarakat, Pemerintah Matangkan Persiapan Arus Mudik

Antisipasi Lonjakan Mobilisasi Masyarakat, Pemerintah Matangkan Persiapan Arus Mudik
* Menko PMK Muhadjir Effendy saat mantau persiapan Arus mudik

Obsessionnews.com – Mendekati libur lebaran tahun 2022, pemerintah semakin matangkan persiapan arus mudik untuk mengantisipasi lonjakan mobilisasi masyarakat. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Kementerian atau lembaga terkait melakukan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri sebagai persiapan mudik lebaran pada tahun 2022.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, bahwa setelah 2 tahun ditiadakan mudik, maka sangat penting untuk tetap memprioritaskan keselamatan dengan melaksanakan pengecekan kelaikan alat transportasi yang akan digunakan serta operatornya.

Baca juga: Kemenko PMK Ajak Masyarakat Bahu-Membahu Perangi Stunting

Terdapat enam variabel yang dapat menentukan kesiapan pemerintah dalam menangani mudik lebaran tahun 2022 ini mulai dari manajemen transportasi hingga penyaluran bansos secara merata.

“Saat ini, terdapat enam variabel yang menentukan kesiapan kita (pemerintah) dalam menghadapi mudik tahun 2022 yaitu pengaturan manajemen transportasi baik darat, laut, dan udara, ketersediaan bahan bakar dan bahan pokok, perkembangan Covid-19 dan vaksinasi, serta penyaluran bansos yang sedang dikebut menjelang lebaran,” jelas Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/4/2022).

Baca juga: Menyongsong Indonesia Emas 2045, Kemenko PMK Fokus Bangun SDM di 2022

Fokus pemerintah saat ini adalah pada pengaturan manajemen transportasi baik di tempat pemberangkatan asal, proses perjalanan, hingga tiba ditujuan dengan aman dan sehat.

Muhadjir juga menegaskan dengan kondisi Covid-19 yang masih dalam keadaan landai dan terkendali perlu dipercepat vaksinasi booster pada tempat-tempat pemberangkatan mudik khususnya di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Menko PMK Minta Dilakukan Pemetaan Desa untuk Penyaluran BLT DD

“Perkembangan kondisi Covid-19 saat ini masih dalam keadaan landai dan terkendali, maka dari itu percepatan vaksinasi maupun booster pada tempat-tempat pemberangkatan mudik perlu dilakukan sehingga dapat memenuhi target pemerintah,” jelasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.