Kamis, 24 Juni 21

Antisipasi Lonjakan Kasus Corona, Pemerintah Lakukan Random Testing Covid-19 Arus Balik Lebaran

Antisipasi Lonjakan Kasus Corona, Pemerintah Lakukan Random Testing Covid-19 Arus Balik Lebaran
* Random testing Covid-19. (Foto: Tangkap layar YouTube)

Jakarta, obsessionnews.com – Pemerintah telah melakukan larangan mudik sejak 6 hingga 17 Mei 2021. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang masih mengabaikan peraturan tersebut. Mereka nekat pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal ini yang membuat Pemerintah menggelar random testing kepada pengguna angkutan jalan kendaraan pribadi dan kendaraan angkutan baik di jalan tol, jalan arteri hingga ke jalan-jalan terkecil di pemukiman penduduk, pada hari ini Sabtu (15/5/2021).

Random testing ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 usal libur Lebaran di Tanah Air. Sebagaimana termaktub dengan surat No. 46/05 Tahun 2021 tentang Antisipasi Perjalanan Masyarakat Pada Arus Balik Idul Fitri 2021 yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, random testing ini digelar disejumlah lokasi di Jabodetabek dan daerah lain. Pihaknya juga telah menggandeng stakeholder yang lain seperti Polda Jabar dan Jasa Marga.

“Kami menyampaikan beberapa lokasi yang nanti kita harapkan segera tindak lanjuti, kalau memang itu feasible untuk dijadikan sebagai tempat pemeriksaan. Dan ini sudah kami koordinasikan dengan pihak Jasa Marga maupun dengan pihak terkait terutama Dirlantas Polda Jabar,” ujar Budi Setiyadi.

Menurutnya, random tes ini dilakukan untuk semua kendaraan pribadi yang mengarah ke Jakarta, Bogor, Tangerang, juga Bekasi.

“Untuk kendaraan pribadi dari arah semua arah yang ke arah Jabotabek walaupun sifatnya adalah random sampling. Namun demikian kita harapkan mayoritas jadi artinya pergerakan masyarakat itu kita upayakan sebetulnya dilakukan random sampling dengan rapid tes antigen,”ungkapnya.

Namun dengan keterbatasan alat tesnya, mungkin sebentar nanti sifatnya random sampling. “Namun demikian sifatnya adalah kita pakai kita upayakan secara maksimal,” kata Budi.

Budi mengatakan, random tes juga dilakukan untuk sepeda motor. “Untuk sepeda motor juga demikian sama saja, dari semua akan baik jalan nasional yang dari Karawang ke Bekasi, kemudian dari Puncak ke arah Bogor, termasuk juga dari arah Banten itu semua juga kita lakukan namun masih juga sifatnya random sampling,” katanya.

Dia berharap dapat mengupayakan semaksimal  mungkin random tes Covid-19 ini. “Kita lakukan sepanjang ketersediaan alat tesnya mencukupi,” tutup Budi.

Berikut ini lokasi random tes Covid-19:

Gerbang Tol Utama

– Gerbang Tol Cikampek Utama

– Gerbang Tol Kalihurip Utama

– Gerbang Tol Kalikangkung

– Gerbang Tol Warugunung

Lokasi Rest Area

Jakarta-Cikampek

– RA KM 62B

– RA KM 42B

Purbaleunyi

– RA KM 97B

– RA KM 125B

– RA KM 149B

Jagorawi

– RA KM 38B

Janger

– RA KM 14B

Semarang-Batang

– RA KM 360B

Solo-Ngawi

– RA KM 519 B

– RA KM 575B

Panmal

– RA KM 66B

Lokasi untuk Kendaraan Sepeda Motor

– Ruas Sukabumi-Cianjur

– UPPKB Balonggandu

– Pos Penyekatan Susukan

– Ruas Indramayu-Jatibarang. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.