Minggu, 28 November 21

Antisipasi Korupsi, Pemkot Bandung Hibahkan Sistem Smart City ke Bangka

Antisipasi Korupsi, Pemkot Bandung Hibahkan Sistem Smart City ke Bangka
* Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan sistem Smart City kepada Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Balai Kota, Jumat (27/5/2016).

Bandung, Obsessionnews – Setelah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menghibahkan sebagian besar sistem Smart City kepada Kabupaten Bangka Selatan.

Hal itu dikatakan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil saat menerima kunjungan kerja Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Balai Kota, Jumat (27/5/2016).

Ridwan mengatakan NKRI akan maju jika kepala daerahnya saling berkerjasama dan berkolaborasi.

Seperti dalam menjawab permasalahan kota, Pemkot Bandung menggunakan sistem Smart City, saat ini ada sekitar 400 aplikasi yang telah digunakan.

“Kita ada 400an apps yang bisa dipakai juga di Bangka Selatan, jadi ga usah bikin lagi,”ujar Ridwan.

Smart City --
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (duduk) mengatakan NKRI akan maju jika kepala daerahnya saling berkerjasama dan berkolaborasi

Menurutnya, pembangunan Indonesia akan berkembang pesat apabila seluruh kabupaten/kota kompak memperbanyak jalinan kerjasama dan mengurangi sikap kompetisi dengan kota lainnya.

“Kalau ada yang kota sukses kita sharing ke kota-kota lain. Kesuksesan di Bandung juga dibagi ke Bangka Selata. Semakin banyak kita berbagi Indonesia akan semakin cepat hebatnya. Prinsip kami kurangi kompetisi dan perbanyak kolaborasi,” ujar Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan menawarkan kepada pemkab Bangka Selatan untuk menjalin kerjasama yang diawali dengan perumusan Memorandum of Understanding (MoU).

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan  Justiar Noer menyampaikan rasa terima kasih telah diterima dengan baik oleh pemerintah Kota Bandung.

“Terima kasih kepada Pemkot Bandung, khususnya pak wali yang telah menerima kami, termasuk tawaran kerjasama terkait sistem Smart City ini,” katanya.

Justir Noer berencana akan menindaklanjuti tawaran kerja sama di bidang Smart City ini, Ia berharap sistem yang telah dibangun di Kota Bandung dapat di gunakan juga di Bangka Selatan, khususnya sistem-sistem terknologi yang berhubungan dengan peningkatan kinerja birokrasi seperti meminimalisir praktek kejahatan korupsi. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.