Minggu, 26 September 21

Antisipasi Kemacetan Akibat Demo, KAI Lakukan Rekayasa Operasi

Antisipasi Kemacetan Akibat Demo, KAI Lakukan Rekayasa Operasi
* Salah satu rangkaian kereta api yang siap melayani penumpang di stasiun pemberhentian (foto : Ist)

Jakarta, Obsessionews.com – Demi mengantisipasi dampak kemacetan arus lalu lintas dan penutupan sejumlah ruas jalan menuju stasiun Gambir, akibat adanya demonstrasi, keberangkatan kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir dilakukan pola rekayasa operasi. Kini sementara waktu pelayanan naik dan turun penumpang dapat dilakukan di Stasiun Jatinegara.

Kepala Humas KAI Daop I, Eva Chairunisa, mengatakan rekayasa lalu lintas guna antisipasi keterlambatan para pengguna jasa kereta menuju Stasiun Gambir karena penutupan sejumlah ruas jalan raya di sekitar Monas dan Gambir. PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan pengaturan pola operasi khusus untuk keberangkatan Kereta Api (KA) Jarak Jauh di Stasiun Gambir.

“Adapun pengaturan pola operasi tersebut dilakukan untuk KA Bima keberangkatan pkl 16.40 WIB yang akan berhenti secara khusus di Stasiun Jatinegara untuk melayani pengguna jasa,” ujar Eva dalam keterangannya, Kamis (8/10/2020).

Dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut diharapkan masyarakat dapat terhindar dari resiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara.

Saat normal KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari ini akan berhenti di stasiun Jatinegara untuk proses naik turun penumpang. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir.

Adapun kedua KA lainnya yang akan berangkat setelah pkl 17.00 WIB yakni Argo Bromo Anggrek keberangkatan pukul 20.30 WIB dan Taksaka keberangkatan pukul 21.30 WIB.

Sementara pengguna jasa yang mengalami keterlambatan dan tertinggal pada KA tersebut biaya tiket dapat dikembalikan 100 persen. Proses refund dapat dilakukan hingga 7 hari kedepan.

“Kami menghimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal,” pungkas Eva. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.