Jumat, 19 April 24

Antisipasi Arus Mudik, Menhub Gelar Pertemuan di Brexit

Antisipasi Arus Mudik, Menhub Gelar Pertemuan di Brexit
* Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Brebes, Obsessionnews.com – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menggelar pertemuan dengan unsur pemerintah daerah terkait di Pintu Gerbang Tol Brebes Timur, Minggu (4/9/2016).

Pada pertemuan yang turut dihadiri Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto itu, dimaksudkan untuk membahas upaya antisipasi kepadatan lalu lintas jelang libur panjang, yakni pada 9-12 September 2016 yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Pada pertemuan tersebut, antara lain dibicarakan rencana pengendalian dan rekayasa lalu lintas saat arus mudik Idul Adha yang diperkirakan akan terjadi mulai Jumat siang (9/4/2016). Upaya pengalihan atau rekayasa lalu lintas mulai dilakukan dari Jakarta hingga Brebes.

“Jika antrean kendaraan di pintu keluar Brebes mencapai lima kilometer, maka kendaraan dari Jakarta akan diarahkan keluar di Palimanan,” ujar Budi.

Salah satu upaya untuk menunjang kelancaran arus kendaraan pada libur panjang tersebut adalah dengan kebijakan melarang beroperasi kendaraan angkutan barang yang bersumbu lebih dari dua mulai tanggal 9-12 September 2016.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran nomor SE 15/AJ.201/DRJD/2016 tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Larangan Pengoperasian Kendaraan Angkutan Barang pada Saat Libur Panjang Hari Raya Idul Adha Tahun 2016/1437H.

Sementara untuk mengurangi kepadatan kendaraan, Budi menghimbau masyarakat yang akan mudik ke Jawa Tengah dan sekitarnya untuk menggunakan jalur selatan. Apalagi, jalur tersebut menurutnya relatif masih sepi.

“Kami menghimbau masyarakat untuk menggunakan jalur selatan yang relatif sepi dibanding jalur utara atau dengan menggunakan moda transportasi lain,” ungkap Budi. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.