Rabu, 8 Desember 21

Antar Arwah, Umat Buddha Tebar Lele dan Sembako

Antar Arwah, Umat Buddha Tebar Lele dan Sembako
* Ritual Cioko atau Ulambana.

Semarang, Obsessionnews.com – Umat Buddha di Kota Semarang, Jawa Tengah, punya cara unik mengantar arwah leluhur menuju ke kahyangan. Mereka melepas ribuan ikan ke sungai, agar bisa menemani arwah mencari kedamaian di nirwana.

Adalah ritual Cioko atau Ulambana. Upacara tahunan ini kembali digelar di Rumah Abu Kong Tek, Selasa (30/8/2016). Sebanyak 3.000 ekor ikan lele dan belut dilempar ke sungai terdekat, dengan iringan doa para biksu.

Sekretaris yayasan Tjie Lam Tjai, selaku instansi penyelenggara acara menjelaskan, pelepasan ikan ini sebagai bentuk menanam kebajikan bagi seluruh makhluk yang hidup di muka bumi.

“Tujuannya agar melepas belenggu yang mengekang makhluk hidup,” jelas dia kepada obsessionnews.com.

Sebanyak 9 pendeta dihadirkan langsung dari Jakarta. Mereka bertugas membacakan doa, agar arwah yang datang ke dunia saat hari “Hantu” bisa kembali ke akhirat dengan tenang.

Tak hanya melepas ikan, yayasan juga membagikan 1.800 sembako ke warga miskin. Sembako tersebut sebelumnya disusun hingga membentuk gunungan. Isinya bermacam-macam. Mulai mie instan sampai kue kue kecil khas Tiongkok.

“Sebelumnya kami bagi kupon dulu supaya adil. Warga lalu menukar kupon yang sudah dibagi ke panitia,” katanya.

Salah seorang warga asal Kelurahan Muktiharjo, Waryanti mengaku rela jauh-jauh datang supaya bisa mendapat sembako dari pihak yayasan. Tua muda nampak mengantri untuk mengambil sembako yang sudah disediakan.

“Ya seneng ya, kan gratis, ya bisa untuk tambah tambah kebutuhan gitu,” ujar dia.

Waryanti datang bersama sanak keluarga, untuk sekaligus mengambil jatah sembako para tetangganya yang tidak bisa datang.

” Ya ini sama tetangga tetangga gitu pada titip kan satu orang cuma dapat satu kupon,” tandasnya.

Upacara berlangsung sejak kemarin. Puncak acara akan digelar pada malam ini, dengan membakar puluhan mainan kertas. Umat Buddha yakin, melalui ritual maka karma arwah akan diperingan sehingga bisa menuju surga dengan damai. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.