Sabtu, 20 April 24

ANTAM Tambah Total Produksi Tahunan Lewat Proyek Ini

ANTAM Tambah Total Produksi Tahunan Lewat Proyek Ini
* gedung Antam. (foto: industy.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) Proyek Pengembangan Pabrik Nickel Pig Iron (NPI) Blast Furnace Halmahera Timur dengan Ocean Energy Nickel International Pte. Ltd (OENI) dalam acara Indonesia Investing Forum 2018, IMF-World Bank Annual Meetings 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama ANTAM Arie Prabowo Ariotedjo dengan Chairman and Director OENI, yakni Li Ping Sheng di hadapan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Arie mengatakan, Proyek Pengembangan Pabrik NPI Blast Furnace Halmahera Timur ini merupakan salah satu milestone penting dalam rangka meningkatkan nilai tambah komoditas mineral yang dikelola oleh Perusahaan.

“Proyek tersebut akan menambah total produksi nikel tahunan ANTAM dan diharapkan akan mendukung pertumbuhan kinerja Perusahaan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com, Jumat (12/10).

Beberapa pokok perjanjian kerjasama ANTAM dengan OENI, diantaranya adalah ANTAM akan menjamin ketersediaan bahan baku bijih nikel di proyek NPI Blast Furnace sedangkan OENI akan memastikan sumber pendanaan dan penyelesaian konstruksi tepat waktu.

“Pokok perjanjian lainnya adalah ANTAM akan memperoleh kepemilikan sebesar 30% (free carry) sedangkan OENI sebesar 70%, namun ANTAM memiliki opsi untuk melakukan pembelian saham untuk menjadi mayoritas setelah 5 tahun operasi,” ungkap Arie.

Proyek NPI Blast Furnace memiliki total kapasitas produksi mencapai 320.000 ton NPI (TNPI) atau setara dengan 30.000 ton nikel dalam feronikel (TNi) yang terdiri dari 8 line dengan total investasi sekitar US$320 juta. Dua line pertama diharapkan dapat memulai produksi pada kuartal 4 tahun 2020, sedangkan secara keseluruhan ditargetkan beroperasi tahun 2023.

Proyek NPI Blast Furnace akan menambah portfolio pengolahan smelter ANTAM selain pabrik feronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara yang berkapasitas 27.000-30.000 TNi serta Pabrik Feronikel Halmahera Timur yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan dengan kapasitas produksi sebesar 13.500 TNi. (Poy)

 

Baca juga:

Emas Antam 5 Sampai 500 Gram Ludes Terjual

HUT ke-50 Tahun ANTAM Berobsesi Menuju ke Masa Depan Emas

FOTO Menteri BUMN Senam Bersama Rayakan HUT ke-50 PT ANTAM

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.