Rabu, 8 Februari 23

Ansyaad Mbai: Banyak Kasus Penyanderaan di Dunia Ada Uang Tebusan

Ansyaad Mbai: Banyak Kasus Penyanderaan di Dunia Ada Uang Tebusan
* Ansyaad Mbai.

Jakarta, Obsessionnews – Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai mengatakan aksi penyanderaan dengan meminta uang tebusan bukan hal yang baru terjadi. Dia menilai banyak kasus penyanderaan di dunia justru berakhir dengan uang tebusan.

“Teroris itu yang paling efektif strateginya ya memenuhi keinginannya. Kalau keinginannya tercapai selesai,” ujar Ansyaad di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Namun, uang tebusan yang dimaksud bukan berasal dari negara melainkan dari keluarga, ataupun perusahaan di mana sandera bekerja. Negara dilarang memberikan uang tebusan karena bisa dianggap lemah terhadap aksi terorisme.

“Kalau negara, ya kita menyalahi konvensi PBB dan negara kita kalah dong dari teroris,” katanya.

Terlepas dari itu, Ansyaad mengapresiasi semua pihak yang telah berupaya membebaskan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf. Ini sebagai bukti pemerintah serius merespons kasus penyendaraan WNI.

“Yang pasti satu hal, kita harus apresiasi langkah Presiden yang membuka semua jalur untuk bernegosiasi dan ternyata hasilnya sangat bagus. Itu adalah sinergi dari semua jalur,” pungkas Ansyaad. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.