Rabu, 20 Oktober 21

Mendibud: Sekolah Wajib Gunakan Kurikulum 2013

Mendibud: Sekolah Wajib Gunakan Kurikulum 2013

Bandung, ObsessionnewsMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan, sekolah wajib menggunakan Kurikulum 2013. Namun, jika ada sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 1996, selama masa transisi, masih dibolehkan.

Demikian disampaikan oleh Anies, menjawab pertanyaan 20 pengunjuk rasa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di depan Gedung Merdeka , Jl. Asia Afrika , Bandung, Sabtu (28/2/2015).

Mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu, menemui pengunjung rasa, usai dirinya berbicara di seminar Pendidikan Karakter di dalam gedung Merdeka bersama Wagub Jabar Deddy Mizwar dan unsur terkait lainnya.

Selama kurang lebih dua jam para mahasiswa tersebut berorasi dengan menyampaikan sejumlah tuntutan diantaranya meminta ketegasan Permendikbud No 144/2014 yang menyebutkan UN bukan menjadi syarat kelulusan.

Kemudian, tidak memaksa sekolah menyelenggarakan UN online, menolak tes keperawanan sebagai syarat kelulusan UN karena dinilai melanggar UU Sisdiknas No 20/2003, menolak politisasi pendidikan dalam soal UN, menolak diskriminasi pendidikan dan perbaikan distribusi soal UN.

Usai diwawancara sejumlah wartawan Anies langsung menyebrang jalan untuk menjambangi mahasiswa pengunjuk rasa yang berada di seberang gedung merdeka.

Dalam dialog dengan para mahasiswa Anies berjanji akan memperbaiki sistem pendidikan yang ada.”Apa kabar para mahasiswa semua?,”, tanya Anies kepada para mahasiswa sambil mengajak mereka bersalaman, “baik pa”, ujar para mahasiswa serempak.

Para mahasiwa pun mempertanyakan kurukulum yang dikhawatirkan akan ganda, yakni kurikulum 2013 dan 2006. “Pa mentri apa betul akan ada kurikulum ganda tahun ini?”, ujar salah seorang mahasiswa.

Anies balik bertanya “Berapa sekolah yang menggunakan kurikulum 2013?”

Mahasiswa pun menjawab, 6221. “Berapa persen dari sekolah yang menyenggalarakn UN?” tanya Anis lagi.

“Tiga persen pak?” papar mahasiswa.

“Sudah berapa semester mereka menyelenggarakan?” tanya Anies lagi.

“Tiga pak,” jawab mahasiswa.

“Berarti ikut UN ga sekarang?” tanya Anies.

“Tidak pak,” jawab mahasiswa.

“Berarti bukan masalah,” kata Anis meyakinkan para mahasiswa.

Kemudian, Anies menilai sekolah-sekolah tersebut melakukan uji coba kurikulum. Menurut Anies pemerintah akan menerapkan kurikulum tunggal, yakni Kurikulum 2013. Sehingga tidak mungkin perubahan kurikulum diterapkan secara menyeluruh di seluruh tempat dalam kesempatan yang bersamaan.

Selama transisi pasti ada dua kurikulum di seluruh dunia akan seperti itu. “Anda harus tahu masa transisi pasti ada dua kurikulum”, papar Anies bergegas meninggalkan para pengunjuk rasa. Para mahasiswa pun membubarkan diri tanpa ada waktu untuk mempertanyakan tuntutan lainnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.