Kamis, 2 Mei 24

Anies Baswedan Silaturahmi ke Sultan HB X untuk Meminta Restu di Pilpres 2024

Anies Baswedan Silaturahmi ke Sultan HB X untuk Meminta Restu di Pilpres 2024
* Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (24/1/2024) (Foto: ANTARA/Luqman Hakim)

Obsessionnews.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Kantor Kepatihan Yogyakarta, untuk bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Rabu (24/1/2024). Anies melakukan perjalanan kaki dari kawasan Malioboro menuju Kantor Gubernuran sekitar pukul 09.00 WIB bersama rombongan.

Setelah tiba di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Anies dan rombongan langsung bertemu dengan Sultan HB X. Pertemuan tersebut tidak hanya sebagai silaturahmi, tetapi juga sebagai kesempatan bagi Anies untuk meminta restu terkait pencapresannya di Pilpres 2024.

Baca juga: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Dominasi Jumlah Mention di Tik Tok

“Saya sampaikan mohon doanya, mohon restunya dan insya Allah nanti apa yang kita sedang usahakan untuk Indonesia lebih baik bisa tercapai,” kata Anies dikutip dari Antara.

Anies menganggap Sultan HB X sebagai sosok rujukan bagi semua kalangan. Dalam konteks Pilpres 2024, Anies merasa perlu mendapatkan wejangan dari Raja Keraton Yogyakarta tersebut.

“Beliau memayungi semua, beliau menjadi rujukan bagi semua. Karena itu kami bersilaturahmi dan mendengarkan pesan-pesan bijak, pengalaman-pengalaman, dan diskusi berbagai hal,” ungkap Anies.

Sebagai putra Yogyakarta yang tumbuh besar di kota tersebut, Anies merasa penting untuk bersilaturahim dengan Sultan HB X. Ia mengambil pelajaran dari model kepemimpinan Sri Sultan HB IX yang dianggapnya stabil, tenang, dan sopan, namun tegas dalam bersikap.

“Itu menjadi inspirasi dari mulai ‘swargi’ (almarhum) Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang diteruskan oleh Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk terus menjaga prinsip-prinsip kepemimpinan yang tenang, stabil, yang mengayomi tapi juga tegas dalam bersikap dan mampu menjaga suasana stabilitas,” kata Anies.

Anies Baswedan adalah peserta Pilpres 2024 terakhir yang menemui Sultan HB X, menyusul kunjungan sebelumnya dari capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Anies Sebut Pemberantasan Korupsi Mulai dari Tingkat Presiden 

Sultan HB X menyatakan bahwa kesan penerimaannya terhadap Anies tidak berbeda dengan dua capres sebelumnya yang juga menemuinya. Meski demikian, Sultan mengingatkan Anies untuk tetap menjaga kebhinekaan dan berlaku adil tanpa membedakan anak bangsa.

“Bagaimana pemimpin itu biarpun gede, kalau bisa pemimpin itu bisa mengibarkan semua bendera biar pun dia berasal dari satu bendera. Tidak merasa berkuasa biar pun berkuasa karena kekuasaan diaktifkan untuk rakyatnya semua tanpa membedakan,” ujar Sultan HB X.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, telah menetapkan peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024. (Antara/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.