Minggu, 26 Juni 22

Anies Baswedan Kunjungi Mural Penanda Persahabatan Jakarta dan Berlin di Heidestraße

Anies Baswedan Kunjungi Mural Penanda Persahabatan Jakarta dan Berlin di Heidestraße
* Dalam kunjungan kerjanya di Jerman Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi mural penanda persahabatan Jakarta dan Berlin di kawasan Heidestraße, jantung kota Berlin. (Foto: FB Anies Baswedan)

Obsessionnews.com – Dalam kunjungan kerjanya di Jerman Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi mural penanda persahabatan Jakarta dan Berlin di kawasan Heidestraße, jantung kota Berlin. Anies menceritakan kunjungannya ke Berlin itu di akun Facebooknya, Rabu (18/5/2022) sebagai berikut:

 

Di Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta dan di Heidestraße, Berlin. Terpampang mural Penanda Sister City dua kota. Sebuah persahabatan yang bukan sekadar seremonial, tapi kita wujudkan menjadi kerja sama nyata antar dua kota. Ketika di Berlin sempat mengunjungi mural penanda persahabatan dua kota ini.

 

Baca juga:

Anies Baswedan: APPSI akan Terus Berkiprah Mendukung Semua Program dan Kebijakan Pemerintah Pusat

Anies Baswedan: Tebet Eco Park Menghadirkan Keindahan Alami Taman

Anies Baswedan Berharap IHGMA Dapat Majukan Sektor Pariwisata

 

 

Terletak di kawasan Heidestraße, jantung kota Berlin yang berjarak hanya 10 menit dari stasiun pusat, Berlin Hauptbahnhof.

Tempat inilah yang dulu menjadi saksi reunifikasi (penyatuan) kembali wilayah barat dan timur kota yang sempat terpisahkan oleh Tembok Berlin. Area ini dikenal sebagai “Europacity”, pusat bisnis yang dipenuhi gedung bercitarasa seni arsitektur tinggi serta ramah lingkungan.

Kini di Europacity ini pula, karya seni mural mempertemukan dua seniman terbaik dari timur dan barat, @Darbotz dan @Snyder_Berlin. Lukisan mural Darbotz menceritakan refleksinya terhadap keberagaman para penduduk Jakarta dalam menjalani kehidupan di ibukota, sedangkan karya Snyder menggambarkan maskot kota Berlin serta lansekap urban yang dinamis serta kaya.

(Proses pembuatan mural dan wawancara kedua seniman dapat dilihat di https://youtu.be/pIGUnUr90E8)

 

 

Teman-teman dapat melihat mural persahabatan ini di Terowongan Kendal, kawasan pusat bisnis kota Jakarta yang menjadi titik temu berbagai moda transportasi publik serta ramah pejalan kaki. Ke depan kita optimis melalui kolaborasi dengan berbagai kota besar dunia semakin menguatkan langkah Jakarta sebagai kota bisnis berskala global.

Berdasarkan pantauan obsessionnews.com pada Kamis (19/5) hingga pukul 09.06 WIB postingan Anies itu mendapat respons dari warganet, yakni 6,1 ribu disukai, 266 komentar, dan 208 kali dibagikan.

Berikut ini komentar dari beberapa warganet:

@Arif Kaligrafer: Kolaborasi yang mempertemukan seni mural sebagai simbolik penguatan kerjasama antarkota antar negara menjadi trend di masa depan. Indonesia dengan modal kearifan lokal yang berlimpah harusnya juga menjadi simpul untuk menyatukan warga dunia untuk melihat keindahan sebagai komunikasi publik yang menyenangkan dan membahagiakan. Sebagai pelaku seni, penting untuk mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada pak Anies Baswedan yang menjadikan seni sebagai bagian komunikasi sekaligus diplomasi dalam mengembangkan kemitraan yang setara dalam memajukan negeri ini. Tentu saja peristiwa ini tidak dipandang sederhana, menpertemukan dua kota yang saling menguatkan dalam kerangka membahagiakan warganya.

@Mahmoeddien M: Cita rasa seorang pemimpin yg cerdas, visioner, dan berjiwa demokratis negarawan akan tercermin dari perkembangan kotanya yg semakin nyaman, manusiawi, menghargai aspek ekologis, dan kehidupan sosial ekonomis warganya yg semakin baik.. Hal inilah antara lain yg membuat Jakarta menjadi role model bagi kota besar dunia lainnya bagaimana Jakarta berbenah dan mengelola segala kompleksitasnya dengan baik tanpa gejolak.. Saya bukan warga DKI tapi terus terang ikut bangga atas segala kemajuan dan aspek positif yg terus bertumbuh selama kepemimpinan Gubernur Anies, meski “singkat” tapi akan jadi kenangan terindah warganya karena sarat makna..

@Mardiaty Saediman: Memang keren calon presiden ku. Barakallahu pak

@Hendrawati Djatnika: Terimakasih pak Anies Baswedan dan Pemprov DKI beserta para pelaksana yang telah mewujudkan impian setiap orang Indonesia, Jakarta menjadi kota yang sejajar dengan kota-kota besar lainnya di dunia. Jazaakumullahu khairan

(arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.