Senin, 28 November 22

Angin Topan Paling Mematikan Hantam Florida AS

Angin Topan Paling Mematikan Hantam Florida AS
* Situasi Florida diserang angin topan. (BBC)

Angin Topan Ian, angin topan paling mematikan dalam sejarah telah menghantam Florida, Amerika Serikat (,AS).

Angin Topan Ian telah menyebabkan kerusakan besar saat menghantam Florida setelah melintasi kawasan Karibia. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyebut: “Ini mungkin angin topan paling mematikan dalam sejarah Florida”.

Gubernur Negara Bagian Florida, Ron DeSantis, tidak menyebut jumlah warga yang meninggal dunia akibat bencana alam tersebut.

Dia mengingatkan bahwa para regu penyelamat belum menemukan korban tewas di dalam rumah-rumah warga.

“Namun itu bisa berubah selagi mereka [regu penyelamat] melakukan lebih banyak [pencarian]. Angin topannya luar biasa besar. Saya pikir kami mengantisipasi korban-korban tewas.”

DeSantis mengungkap kerusakan di area sekitar Fort Myers, tempat upaya penyelamatan banyak dilakukan, “tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata”.

Sejumlah laporan lokal menyebut ribuan orang sedang menunggu regu penyelamat.

Walau kategori kekuatan Angin Topan Ian telah menurun menjadi badai tropis, namun aparat mewanti-wanti warga agar tetap berlindung di dalam rumah selagi angin kencang dan hujan deras bergerak melintasi kawasan Florida.

Kekuatan badai tersebut diperkirakan bakal meningkat menjadi Angin Topan saat bergerak melintasi laut menuju Negara Bagian South Carolina.

Sebelum menghantam Florida, Angin Topan Ian mencapai kategori 4 dan membawa angin berkecepatan 241 kilometer/jam ketika melintasi Teluk Meksiko. Akibatnya permukaan laut naik dan membanjiri kawasan pesisir. Aliran listrik pun padam yang mempengaruhi ribuan orang.

National Hurricane Center (NHC) telah memperingatkan kenaikan ombak yang bisa mengancam nyawa manusia selagi Angin Topan bergerak menuju pesisir di bagian timur laut.

Di Fort Myers, kawasan dekat Angin Topan melanda, jalan-jalan direndam air laut yang dibawa oleh Angin Topan tersebut.

Dan Allers, seorang anggota DPRD di Pantai Fort Myers, mengatakan air laut naik sekitar 3,7 meter sampai 4,3 meter.

“Menyebut bahwa terjadi kehancuran bakal menjadi pernyataan yang meremehkan. Hanya melihat barang-barang milik orang, rumah, dan berbagai benda mengambang – itu adalah pemandangan yang sangat sulit untuk disaksikan,” katanya kepada BBC.

Di Naples, petugas pemadam kebakaran harus menerjang air setinggi dada untuk menyelamatkan orang, termasuk seorang perempuan yang terjebak di dalam mobilnya. (BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.