Minggu, 28 November 21

Anggota DPR Mau Dimasukkan Sekolah Perlemen Dulu

Anggota DPR Mau Dimasukkan Sekolah Perlemen Dulu

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPR RI Ade Komarudin sebagai penggagas Sekolah Parlemen meyakini gagasannya tidak bakal tumpang tindih dengan sekolah atau pendidikan politik yang digagas masing-masing partai politik.

“Ya nggak mungkin tumpang tindih,” kata Ade di DPR, Jumat (26/8/2016).

Menurut Ade, Sekolah Parlemen bagus untuk peningkatan kualitas anggota DPR. Pasalnya, sistem rekrutmen sudah terkonsep dengan baik. Sehingga, setiap anggota DPR yang baru masuk di Parlemen tidak berangkat dari pikiran kosong.

“Tentu kriteria kualitasnya, individu yang mumpuni, yang kedua tingkat elektabilitasnya. Tapi begitu mau masuk dewan tetep yang bersangkutan apalagi yang baru tetap membutuhkan pendidikan. Persiapan menjadi anggota parlemen yang baik,” tutur dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pihaknya khwatir Sekolah Parlemen akan tumpang tindih dengan sistem pendidikan di Parpol. Sekolah Parlemen juga dianggap belum memiliki konsep yang matang.

“Kita tahu bahwa setiap Parpol punya ideologi yang berbeda, bagaimana Sekolah Parlemen menjembatani itu. Ini yang belum ada,” katanya.

Bahkan kata dia, PAN sudah punya sekolah politik yang jauh sebelum ide ini digulirkan. “Kami di PAN pun sudah ada sekolah kader politik. Sekolah politik kami, sudah ada jauh hari sebelum gagasan ini digulirkan. Hanya saja, pesertanya memang dari kalangan muda yang baru berinteraksi dengan politik,” tuturnya. ‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.