Jumat, 26 April 24

Angelo Harumkan Nama UGM di Ajang Internasional

Angelo Harumkan Nama UGM di Ajang Internasional
* Angelo Abil Wijaya (berjas hitam, kiri).

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Kalbu Angelo Abil Wijaya diliputi suasana kegembiraan. Pasalnya, ia berhasil mengharumkan nama Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, di  ajang internasional. Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UGM angkatan 2015 ini mendapat penghargaan sebagai Best Delegate pada Asia Pacific Model United Nations Conference (AMUNC 2016) di Hotel Istana Kuala Lumpur, Malaysia, 11-16 Juli 2016.

Angelo menjadi delegasi Indonesia di sidang ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Ia menjelaskan, Asia Pacific Model United Nations Conference tahun ini dihadiri lebih dari 400 siswa dan mahasiswa dari seluruh regio Asia Pasifik. Beberapa di antaranya berasal dari negara-negara di Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, Taiwan dan Korea Selatan. Ada pula yang berasal dari negara-negara di Asia Timur seperti India, Pakistan dan Bangladesh. Selain berasal dari negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Myanmar, konferensi ini juga dihadiri oleh siswa dan mahasiswa dari Australia dan bahkan Mauritius.

“Di dalam Model United Nations kami diharapkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam berdiskusi mengenai isu-isu global yang secara rutin di bahas di sidang-sidang PBB,” ujar Angelo seperti dikutip dalam siaran pers Humas UGM, Kamis (21/7).

Ia menjelaskan banyak sekali yang dapat dan dipelajari dari Model United Nations antara lain kemampuan riset, kemampuan menulis, negosiasi, berbicara di hadapan publik dan juga diplomasi. Model United Nations merupakan platform yang baik bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terutama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris karena bahasa pengantar resmi di Model United Nations adalah Bahasa Inggris.

Sebagai satu-satu nya perwakilan dari UGM, Angelo mewakili organisasi yang juga dipimpinnya sejak bulan Mei 2016, yakni UGM MUN Community. Dalam kegiatan tersebut ia mempresentasikan tentang Civil Rights Situation in Cambodia and Electoral Integrity in Southeast Asia.

Selain aktif menjadi President UGM MUN Community, Angelo juga berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan serupa. Pada Mei lalu, Angelo menjadi delegasi Universitas Gadjah Mada dan juga Indonesia dalam Southeast Asia Movement Conference yang diadakan di National University of Singapore bekerjasama dengan Yale University. Gelar Best Delegate ini merupakan penghargaan internasionalnya yang kedua tahun ini setelah mendapat penghargaan The Most Outstanding Delegate pada Nottingham University Model United Nations Champions Cup pada Februari lalu. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Wow! Ayah dan Anak Kuliah di UGM

Dahsyat! Obsesi Anak Sopir Angkot Ini Kuliah di UGM Terwujud

Luar Biasa! Anak Pemulung Ini Sukses Masuk FK UGM

Kisah Inspiratif! Erwan, Anak Tukang Ojek yang Diterima di UGM

Luar Biasa! Anak Kuli Bangunan Ini Diterima di UGM

Wow, Keren! Deny, Anak Buruh Tani yang Kuliah di UGM

Anak Penjual Gorengan Ini Diterima Kuliah di FK UGM

Hebat! Tiffani, Anak Penjaga Toko yang Diterima di UGM

Refo, Anak Penjahit yang Diterima Kuliah di UGM

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.