Kamis, 24 Oktober 19

Andropause, Pengaruhi Kualitas Kaum Pria

Andropause, Pengaruhi Kualitas Kaum Pria

Rapiudin
Jakarta– Masalah penurunan hormon alias menopause ternyata tak  hanya terjadi pada wanita. Kaum pria pun mengalaminya. Andropause, merupakan sebutan bagi pria yang mengalami masa-masa penuaan disertai dengan penurunan hormon testosteron. Di Indonesia, masih sangat sedikit pria yang sadar akan masalah penurunan hormon mereka.

“Andropause, telah mempengaruhi kehidupan satu dari empat pria akibat aktivitasnya yang secara drastis menurun yang berujung pada penurunan kualitas hidup mereka, seiring dengan umur yang bertambah tua dan tingkat testosteron yang semakin berkurang,” ujar Dr Alvin Ng, pakar endrikonologi The Endrocine Clinic Mount Elizabeth Vonena Hospital, Singapura dalam rilis yang dilansir Parkway Pantai Indonesia Patient Assistance Centre, Senin (20/5).

Menurutnya, andropause yang terjadi pada kaum adam berbeda dengan menopause yang dialami pada wanita. Fungsi seksual maupun fertilitas tidak berhenti sama sekali pada laki-laki yang mengalami gejala andropause, namun terjadi penurunan secara bertahap.

“Jika tidak diobati, ketidakseimbangan ini dapat membuat Anda merasa seperti kalah dalam ‘pertempuran’ dan berjuang untuk mengatasinya di antara hari-hari penuh tuntutan pekerjaan, keluarga dan kehidupan sosial Anda,” terang Dr Alvin.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.