Kamis, 27 Januari 22

Andi Mallarangeng Ikut Kampanye Demokrat Bareng SBY

Andi Mallarangeng Ikut Kampanye Demokrat Bareng SBY
* Andi Mallarangeng bersama SBY dan rombongan dalam perjalanan ke Purwokerto. (Foto: Instagram Ani Yudhoyono)

Jakarta, Obsessionnews.com – Usai menjalani masa hukuman penjara dalam  kasus korupsi Hambalang, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng kini aktif kembali di Partai Demokrat. Dia bahkan ikut berkampanye bersama Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Terbaru ia kini bersama SBY dan rombongan kader Demokrat untuk berkampanye di Purwokerto, Jawa Tengah. “Tadi naik kereta api bareng Pak SBY dan Bu Ani dari Gambir,” kata Andi saat dihubungi, Jumat (23/11/2018).

Andi mengatakan, tak lama setelah ia bebas murni Juli 2017 lalu, ia langsung diminta SBY untuk bergabung kembali dengan Demokrat. “Saya ini teman Pak SBY, teman diskusi, membantu dengan apa yang saya punya dalam bidang ilmu politik,” kata Andi.

Andi memang menjadi salah satu kader Demokrat yang diandalkan SBY sejak Presiden ke-enam RI itu menjabat. Pada periode pertama 2004-2009, Andi dipercaya sebagai Juru Bicara Kepresidenan.

Lalu pada periode kedua SBY, Andi dipercaya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Namun, pada jabatan itu Andi tersandung kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor.

Pada 2012, ia mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pada 2014, Andi divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Dia dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi sebesar Rp 2 miliar dan 550 ribu Dolar AS dalam kasus korupsi proyek Hambalang.

Andi sempat mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung, namun ditolak. Ia tetap harus menjalani hukuman 4 tahun penjara di Lapas Sukamiskin hingga akhirnya bebas murni pada Juli 2017.

Selama proses hukum itu, Andi tak dipecat dan tetap menyandang status sebagai kader Demokrat. Meski kini tak berada di struktur DPP Partai Demokrat, Andi tetap berupaya untuk membantu partainya meraih hasil optimal di pemilu 2019.

“Saya tetap kader Demokrat dan sekarang ini kebetulan bidang saya ilmu politik, voting behavior. Sekarang masuk tahun politik, tentu saja apa yang bisa saya bantu,” kata dia.

Andi mengaku banyak memberi masukan kepada SBY terkait strategi untuk meraup sebanyak-banyaknya suara rakyat di pemilu. Namun, Doctor of Philisophy di bidang ilmu politik dari Northern Illinois University (NIU) enggan membocorkan strategi yang ia maksud.

“Hahaha kalau strateginya rahasia dapur partai Demokrat. Tapi melihat tren, insyaallah Partai Demokrat tetap ada di hati rakyat,” kata Andi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.