Minggu, 29 Januari 23

Anang Minta Bareskrim Tingkatkan Profesionalisme

Anang Minta Bareskrim Tingkatkan Profesionalisme

Jakarta, Obsessionnews – Kabareskrim Komjen Pol Anang Iskandar telah resmi melantik Kombes Agung Setya sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus yang baru menggantikan Brigjen Bambang Waskito.

Dalam kesempatan itu Anang mengatakan, perkembangan zaman  menjadikan tugas Polri ke depan semakin penuh tantangan dan berat. Karena, kepercayaan masyarakat ke Polri untuk menegakkan hukum harus mampu dibuktikan dengan meningkatkan profesionalisme dan integritas seluruh penyidik agar mampu menyidik secara jujur, benar dan adil.

Hal itu dikarenakan, masih banyaknya pengaduan atau komplain masyarakat terhadap kinerja penyidik Polri yang tentunya juga menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi.

“Ini semua karena masyarakat saat ini yang sudah kritis sehingga tuntutan akan transparansi dan terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih semakin menguat,” ujar Anang di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Menurut Anang, tantangan itu harus bisa dijawab pejabat baru yang dilantik dengan membenahi internal untuk tidak melakukan penyimpangan, baik dalam menjalankan tugas dan kewenangan.

Untuk itu, Anang memberi penekanan khusus dari bentuk-bentuk eskalasi dan langkah-langkah antisipasinya guna mengantisipasi dari indikasi perubahan perilaku tindak pidana.

Pertama, kata Anang, segera lakukan konsolidasi ke dalam karena penguatan dari dalam menjadi penting sebagai benteng saat terjadinya gempuran dari luar. Caranya dengan membangun penyidik yang profesional, sesuai dengan aturan dan tingkatkan keterampilan, etika dan kompetensi para penyidik.

Lalu, lanjut Anang, segera pimpin dan susun strategi dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pidana khusus di bidang industri dan perdagangan, perbankan, perpajakan dan asuransi, uang dan dokumen palsu, kejahatan dunia maya, pencucian uang.

“Termasuk juga kejahatan lintas batas negara yang memiliki kaitan dengan pidana kejahatan dunia maya dan pencucian uang,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.