Kamis, 25 April 24

Anang Eko Priyono Suluh Pemikiran Kaum Cendekiawan

Anang Eko Priyono Suluh Pemikiran Kaum Cendekiawan
* Anang Eko Priyono. (Foto: istimewa)

Oleh: Lukman Hakiem, Co-editor Dinamika Sejarah Islam Indonesia

SUATU siang di sebuah rumah makan Padang yang mulai menjamur di Yogyakarta, secara tidak sengaja saya bertemu dengan Anang Eko (AE) Priyono.

Sesama Penulis

SAYA mengenal Anang (demikian saya biasa menyapanya), sebagai sesama aktivis HMI Cabang Yogya. Anang pernah menjadi Ketua HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH-UII), sedangkan saya pernah menjadi Sekretaris HMI Komisariat Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS) IKIP Yogyakarta.

Pada periode kepemimpinan Zulkifli Halim, kami sama-sama dipercaya menjadi Ketua Bidang.

Di luar urusan HMI, kami akrab lantaran sama-sama suka menulis. Bedanya, saya menulis untuk menyambung hidup; Anang menulis –saya duga– untuk mengembangkan intelektualitasnya. Dugaan itu berdasarkan kenyataan, tulisan saya sering muncul di media massa seperti Kedaulatan Rakyat di Yogya atau Sinar Harapan di Jakarta; Anang seingat saya tidak menulis di media umum. Anang menyibukkan dirinya dengan mengasuh pers di kampusnya.

Di FH-UII, Anang pernah memimpin majalah mahasiswa Keadilan. Beberapa kali saya diwawancarai dan diminta menulis di majalah ini.

Di tingkat UII, Anang, bersama Mahfud MD, dan Hamid Basyaib, menggawangi majalah Muhibbah, kemudian Himmah. Beberapa senior majalah ini antara lain Amir E. Siregar, Syarief Hans, Ezrin R, dan Totok Daryanto.

Di Muhibbah dan Himmah saya juga beberapa kali diwawancara dan diminta menulis. Bahkan dalam beberapa kali penataran jurnalistik, saya diminta membagi pengalaman.

Sejak semula saya mengagumi tulisan Anang yang reflektif dan mendalam.

Suatu kali saya mengatakan kepada Anang bahwa saya iri kepadanya karena tulisannya yang berbobot. Sambil tersenyum, Anang menjawab: “Ah, Anda ini.”

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.