Kamis, 26 Mei 22

Anak Tukang Parkir Raih Beasiswa

Anak Tukang Parkir Raih Beasiswa
* BEASISWA: Fathur Arif bersama Kaslum, Kepala SDN Pegirian 1 Surabaya usai menerima beasiswa Kopelindo 3, Minggu (23/8/2015). (Obsessionnews.com/Ari Armadianto)‎

Surabaya, Obsessionnews – Fathur Arif, siswa kelas VI SDN Pegirian 1 Surabaya, Jawa Timur memperoleh beasiswa dari Koperasi Pelindo (Kopelindo) 3. Siswa yang akrab dipanggil Fathur ini memang dikenal cerdas oleh teman-temannya. Bahkan dari kelas IV sampai kelas VI, ia selalu jadi juara umum di sekolahnya. ‎

Anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Sulaiman dan Mulidah ini memang berasal dari keluarga tidak mampu. Namun, keadaan itu, tak membuat keinginannya surut untuk membuktikan dirinya bisa meraih prestasi cemerlang di sekolah. Terlebih untuk membanggakan kedua orang tuanya.

Meski ayahnya hanya seorang tukang parkir yang sehari-hari bekerja di Jalan Wonosari, Surabaya dan ibunya hanya tukang pijat tradisional, namun sedikitpun ia tak pernah merasa malu di hadapan semua teman-temannya.

“Saya ingin sekali membanggakan kedua orang tua. Ayah saya hanya tukang parkir dan ibu kerja jadi tukang pijat,” ucapnya tegas.

Fathur kelahiran tahun 2003 ini menyebutkan, selama ini ia juga tidak pernah ikut bimbingan belajar di luar. Jadwal belajarnya hanya diatur sendiri sesuai keinginannya.

“Gak ada biaya, jadi belajar di rumah saja,”katanya.

Ketika ditanya tentang pembayaran uang sekolah, Fathur mengatakan pihak sekolahnya memberikan keringanan padanya.

Kepala SDN Pegirian 1, Kalsum menuturkan, Fathur memiliki prestasi di luar akadamik dalam kemampuan membaca puisi dan bermain pantomim.

“Anaknya cerdas, jadi tidak hanya akademis. Sejak kelas IV, prestasinya belakangan terus bagus,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua I Pengurus Kopelindo3 Agus Hermawan mengatakan bahwa Kopelindo3 telah secara rutin dan konsisten sejak tahun 2004 melaksanakan program penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan kepada anak anggota yang kurang mampu.

“Perkembangan Kopelindo3 dari tahun ke tahun cukup menggembirakan, sehingga sebagai bentuk rasa syukur, selalu dilakukan pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) dan penghargaan anak berprestasi sesuai dengan kriteria dan kategori yang telah ditetapkan. Itu juga bentuk komitmen Kopelindo3 terhadap dunia pendidikan”, jelas Agus.

Kopelindo3 merupakan koperasi yang dianggotai oleh pegawai aktif di PT Pelindo III dan anak perusahaannya. Saat ini jumlah anggotanya telah mencapai dua ribu lebih anggota. Banyak usaha yang dikelola koperasi tersebut, diantaranya jasa simpan pinjam, tour-travel dan wisata bahari, persewaan/rental kendaraan, unit pertokoan, layanan cetak dokumen dan jasa kebersihan gedung, kolam pelabuhan serta jasa pengamanan.

Bahkan pada Rapat Anggota Tahunan yang dihelat April 2015 lalu, Kopelindo3 membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) hingga Rp 6,4 miliar kepada dua ribuan anggotanya.

“Tentunya dengan dukungan semua pihak, baik dari pengurus, pengawas dan anggota Kopelindo3. Tanpa peran mereka, pertumbuhan Kopelindo3 tidak akan maksimal”, tandas Agus. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.