Jumat, 19 April 24

Anak Pemenang Lomba Gambar dari Toyota Ikut Kompetisi di Tokyo

Anak Pemenang Lomba Gambar dari Toyota Ikut Kompetisi di Tokyo
* Jika terpilih sebagai pemenang di tingkat global, perwakilan Indonesia ini akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony of the 12th Toyota Dream Car Art Contest pada Agustus 2018. (Dok: Toyota)

Jakarta, Obsessionnews.com – Untuk menyambut Hari Anak Nasional yang akan diperingati pada 23 Juli nanti PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar Festival Hari Anak Toyota di Taman Lalu Lintas Bandung.

Acara yang akan  digelar pada 14—15 Juli 2018 ini  dibuka untuk publik, khususnya masyarakat kota Bandung dan sekitarnya.

Sebelum  penyelenggaraan Festival Hari Anak Toyota ini, Jumat (13/7/2018) juga digelar pengumuman para pemenang Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2018. Ini adalah salah satu bagian aktivitas corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan adalah melalui program Lomba Gambar TDCAC.

Sama dengan tahun sebelumnya, TDCAC kali ini terbagi menjadi 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8—11 tahun, dan kategori 3 untuk usia antara 12—15 tahun.

Sepanjang acara, Toyota hadir dengan booth khusus di mana pengunjung khususnya anak-anak dapat mengikuti Kelas Seni Toyota dengan berbagai aktivitas seperti pelatihan membuat sketsa, menggambar, melipat kertas (origami), doodle art, face painting, games, serta Safety Driving Class sebagai bagian dari edukasi dan paralelisasi dengan objektifitas Taman Lalu Lintas Bandung.

Toyota memiliki komitmen penuh tidak hanya pada pengembangan bisnis yang baik dan sehat, namun juga memiliki kepedulian dalam perbaikan masyarakat dan lingkungan demi membangun Indonesia yang lebih baik.

“Melalui acara Festival Hari Anak Toyota ini, maka diharapkan dapat menghadirkan kebahagian bagi keluarga yang datang. Keluarga yang bahagia diyakini akan menciptakan anak-anak yang bahagia pula, sehingga mampu mendorong kreativitas mereka dalam berkarya,” kata Direktur Toyota-Astra Motor Darmawan Widjaja dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com.

Lebih lanjut, Darmawan berharap di masa depan akan semakin banyak anak-anak Indonesia ikut berpartisipasi dalam lomba ini sehingga dapat mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas mereka melalui proses menggambar mobil impian mereka.

Para juri TDCAC terdiri dari Nasril Syahrial dari Kementerian Pendidikan Nasional, Sigit Purnomo yang merupakan Visual Editor di Kids Magazine, Public figure dan juga pemerhati anak-anak Shahnaz Haque, Pakar menggambar dan media sosial Anto Motulz, dan perwakilan dari manajemen Toyota-Astra Motor.

Setelah melalui tahapan seleksi dan penilaian oleh tim juri, akhirnya terpilih 3 pemenang dari masing-masing kategori usia, yaitu kategori di bawah 8 tahun, kategori usia 8—11 tahun, dan kategori usia 12—15 tahun.

Selain ke-9 pemenang tersebut, juga terdapat 2 pemenang lainnya yaitu kategori Inspiration Award dan Indonesian Theme. Selain itu juga ada pengumuman 1 karya yang menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di tingkat global di Jepang.

Jika terpilih sebagai pemenang di tingkat global, perwakilan Indonesia ini akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony of the 12th Toyota Dream Car Art Contest pada Agustus 2018.

Berikut pemenang TDCAC 2018 di Indonesia:

Kategori 1 (di bawah 8 tahun):

  1. Xylone Margareth Andariska asal Surabaya

Judul karya : Alphabet Car

  1. Rayhan Axel Rich asal Jakarta

Judul karya: Honey Car

  1. Rajata Albee Prasetya asal Jakarta

Judul karya: Orangutan Rescue Car

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):

  1. Husna Hafishah Hapsari asal Yogyakarta

Judul karya: Bamboo Car

  1. Ellena Lauretta Susanto asal Jambi

Judul karya: Time Travel Car

  1. Sherly Vermont Qwerni asal Jakarta

Judul karya: Toyota Disabled Car

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):

  1. Sherine Kiatandi asal Jakarta

Judul karya: Toyota Peace & Unity Car

  1. Michiel Filisia Ivansius asal Sumatera Selatan

Judul karya: Flower Car for Our Parents

  1. F. Jonathan asal Jakarta

Judul karya: Toyota Cardiac Plaque Cleaner Car (Toyota CPC Car)

Penghargaan khusus:

  1. Indonesia Theme         : Rajata Albee Prasetya
  2. Inspiration Award : Sherine Kiatandi
  3. Finalist Global Award : Xylone Margareth Andariska

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah 6 kali berpartisipasi pada ajang ini, yaitu tahun 2008, 2011, 2012, 2015, 2016, serta 2017, dan Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan anak Indonesia berhasil meraih juara dan memperoleh Gold Award di ajang World Contest TDCAC. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua nomor juara dan memperoleh Silver dan Bronze Award.

Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih predikat juara untuk kategori Bronze Award. Pada 2015, berhasil meraih 2 kemenangan untuk Bronze Award. Pada tahun 2016, satu predikat Silver Award, dan pada tahun 2017 berhasil meraih gelar 3 gelar yaitu Engineering Inspiration Award, Silver Award, serta Encouragement Award. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.