Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Amankan Kawasan Cagar Alam Pulau Nusa Barong

Amankan Kawasan Cagar Alam Pulau Nusa Barong

Jember – Pulau Nusa Barong disamping sebagai Kawasan Cagar Alam juga merupakan Pulau Terluar yang ada diwilayah Kabupaten Jember, sehingga secara fisik kekayaan alam kawasan tersebut menjadi tanggung jawab pengawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) dan secara strategis juga masuk dalam wilayah pertahanan Kodim 0824 Jember.

Pada Minggu (19/11/2017) pukul 05.00 Wib hingga Senin 09.00 Wib, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto bersama timnya yang terdiri dari Danramil 0824/21 Puger Kapten Inf Slamet, Babinsa Puger Kulon Sertu Safriadi dan ASN Siswandi (Dokumentasi) bersama Tim KSDA yang dipimpin oleh Kabid KSDA Wil III Jember Setyo Utomo SH M.Si beserta 3 orang Polhut dan 3 orang stafnya melaksanakan patrol bersama kawasan Pulau Nusa Barong.

Dengan 3 unit kecil perahu nelayan tim patroli berangkat menuju kawasan Pulau Nusa Barong dan mendirikan Pos di Pantai Kandangan, setiba di Pantai Kandangan Tim Patroli dan makan siang dilanjutkan dengan patrol jalan kaki menembus belantara P Nusa Barong yang tak berpenghuni tersebut kearah barat selatan berjarak sekitar 10 km.

Tim Patroli menyisir daerah-daerah pantai yang rawan illegal loging dan pencurian telur penyu hijau serta kawasan rawan lainnya, sekaligus mengembalikan telur penyu hasil sitaan dari nelayan sebanyak 450 butir dan menanamkan dipasir agar menetas dan berkembang biak, sasaran akhir patrol tersebut melihat proses bertelurnya penyu hijau, dan patroli kembali ke Pos dan diakhiri makan malam dilanjutkan istirahat pada pukul 23.00 Wib.

Usai melaksanakan Patroli tersebut, keesokan harinya pada Senin (20/11/2017) pukul 06.00 Wib, saat akan kembali ke Pantai Kepanjen Gumukmas, dalam wawancaranya Kabid KSDA Wil III Setyo Utomo, SH, M.Si saat ditanyakan tujuan patroli tersebut menyatakan bahwa yang pertama adalah mengembalikan telur hasil sitaan penangkapan pelaku pencurian oleh Tim Airud Polres Jember (14/11), ke alam asalnya yaitu di Pulau Nusa Barong ini sejumlah 450 butir, agar menetas dan berkembang biak kembali, yang utama adalah pengenalan kawasan Pulau Nusa Barong ini.

Saat ditanyakan apa harapannya kepada masyarakat Setyo Utomo berharap agar masyarakat turut menjaga kelestariannya kawasan Cagar Alam Pulau Nusa Barong ini dan jangan sampai mengambil apapun termasuk biota didalamnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menegaskan, tujuan dilaksanakannya patroli bersama ini adalah disamping turut mengembalikan telur penyu ke habitatnya, patrol bersama ini dalam rangka pengamanan wilayah, karena Pulau Nusa Barong ini bagian dari pulau Terluar sehingg dapat kita ketahui kondisi alam dan sisi keamanannya.

Selanjutnya himbauan masyarakat nelayan Letkol Inf Rudianto berharap berhati-hati dalam melaut dan dalam turut mengamankan dan melestarikan kawasan Nusa Barong ini, agar lebih bijaksana dalam menggunakan alat perlengkapan untuk menangkap ikan sehingga tidak merusak biota laut serta flora dan fauna dikawasan Nusa Barong ini, agar terjaga kelestarian alam Pulau Nusa Barong ini untuk anak cucu kita. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.