Jumat, 17 September 21

Amandemen UUD Dulu Jika KPK Mau Ikut Revisi UU KPK

Amandemen UUD Dulu Jika KPK Mau Ikut Revisi UU KPK

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Mahesa mengatakan, pihaknya bukan tidak mau mengajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ikut merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Sebab, memang tidak ada aturannya dalam UU.

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, dalam Undang-Undang Dasar sudah disebutkan bahwa selain memiliki fungsi pengawasan dan anggaran, DPR juga memiliki fungsi legeslasi membuat UU. Untuk itu, ketentuan itu sudah menjadi kewenangan DPR yang tidak bisa diubah.

“Ya kalau (KPK) mau ikut merevisi, diamandemen dulu lah UU-nya,” kilah Desmond di DPR, Senayan, Kamis (18/6/2015).

Politisi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) ini menjelaskan, meski KPK adalah mitra kerja dari Komisi III DPR, tetap saja tidak bisa ikut merevisi UU KPK. Menurutnya, bila Komisi III menuruti kemauan KPK ‎justru akan menjatuhkan kewenangan DPR.

“Ya kalau KPK minta, terserah ‎kita mau ngasih atau tidak. Orang tidak UU nya gimana,” kilah anak buah Prabowo ini.

Sebelumnya, Pimpinan KPK sementara Johan Budi mengatakan, KPK berkeinginan untuk diajak memberikan masukan atas rencana DPR melakukan revisi UU KPK. Menurut Johan sebagai mitra kerja tidak ada salahnya, KPK diberi waktu dan tempat untuk memberikan masukan tentang poin-poin pasal yang akan direvisi.

“Kami tidak diajak bicara, kami tidak didengar, dalam proses itu. Memang dalam membuat UU, iti ada di DPR dan pemerintah. Tapi, tidak ada salahnya sebagai mitra kerja dimintai pendapat,” ujar Johan di DPR, Kamis.

DPR rencananya akan melakukan revisi UU KPK dalam waktu dekat ini, agar bisa secepatnya dimasukan dalam Program Legeslasi Nasional 2015. Adapun poin-poin yang akan direvisi berkaitan dengan kewenangan KPK dalam melakukan penyadapan dan pencabutan penyidik independen.

Kedatangan Johan ke DPR untuk melakukan rapat kerja dengan Komisi III. Selain Johan keempat pimpinan KPK yang lain juga hadir dalam rapat tersebut. ‎Rapat sudah dimulai sejak pukul 10. WIB. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.