Jumat, 19 April 24

Amalan dan Doa dari Gus Mus Agar Terhindar dari Corona

Amalan dan Doa dari Gus Mus Agar Terhindar dari Corona
* Gus Mus. (Foto: Suara Muslim)

Jakarta, Obsessionnews.com – Untuk menghadapi merebahnya wabah virus corona maka diupayakan ikhtiar lahir dan batin. Selain ikhtiar secara medis dengan melakukan pola hidup sehat, masyarakat juga disarankan untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan dan doa-doa.

Hal itu juga disampaikan oleh Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus). Ia mengigatkan kepada segenap umat Islam sebagai hamba-hamba yang beriman untuk tidak melupakan ikhtiar secara batin. Sebab hanya Allah yang bisa melindungi makhluknya dari segala bahaya.

“Menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip ‘kepanikan umum’). Tapi, sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus,” ungkap Gus Mus lewat instagramnya, @s.kakung, Senin (16/3/2020).

Ikhtiar batin yang bisa dilakukan oleh umat Islam di antaranya dengan menyempurnakan wudhu. Selain itu bacaan-bacaan doa juga bisa dirutinkan di antaranya dengan membaca kalimat

بسم الله لا يضر مع اسمه شئ في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم،

“BismiLlãhi lã yadhurru ma’asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii’ul ‘Aliim, setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah,” jelasnya.

Bacaan yang lain di antaranya dengan mewiridkan asma Allah يا سلام (yã Salãm) يا حفيظ (yã Hafiizh), dan يا مانع يا ضآر ، (yã Mãni’u yã Dhãrru). Masing-masing minimal 20 kali setiap habis salat.

Gus Mus juga mengingatkan untuk senantiasa membaca shalawat Nabi di sela-sela waktu longgar dengan berbagai jenis shalawat yang disukai atau dihafal.

“Berdoa: اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة،  Allahumma innã nas’aluKa al-‘afwa wal-‘ãfiata wal mu’ãfata fiddiini waddunyã wal ãkhirah. Wawallãhu Musta’ãn,” pungkasnya.

Itulah amalan dan doa yang diajarkan ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah. Disambing tidak melupakan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat, seperti rajin cuci tangan, istirahat yang cukup, menghindari keramaian, dan makan makanan yang sehat dan bergizi, ikhtiar secara batin juga wajib dilakukan bagi umat Islam. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.