Jumat, 15 November 19

Alur Tano Ponggol Dilebarkan, Kapal Wisata Dapat Keliling Pulau Samosir

Alur Tano Ponggol Dilebarkan, Kapal Wisata Dapat Keliling Pulau Samosir
* Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

Samosir, Obsessionnews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menggarap pelebaran alur Tano Ponggol di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Pelebaran tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan dapat mengelilingi Pulau Samosir dengan menggunakan kapal pesiar berukuran besar.

 

Baca juga:

Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Danau Toba Ditargetkan Rampung 2020

Kucurkan Rp 3,5 T dari APBN, Jokowi Ingin Angkat Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Berkelas

Sigale Gale Carnival 2019 Efektif Promosikan Danau Toba

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, sebelumnya alur Tano Ponggol mempunyai lebar rata-rata 25 meter dalam kondisi dangkal. Untuk itu dilebarkan menjadi 80 meter dan ditambah kedalamannya, sehingga kapal pesiar bisa keliling Pulau Samosir sepenuhnya.

“Saat ini progresnya sudah sekitar 74%, dan insya Allah akhir tahun bisa diselesaikan,” ujar Basuki saat meninjau lokasi pelebaran alur Tano Ponggol di Samosir, Senin (29/7/2019).

Dalam siaran pers Kementerian PUPR, Selasa (30/7), disebutkan proyek pelebaran alur Tano Ponggol dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air (SDA), dengan kegiatan utama adalah pelebaran dan pendalaman alur sehingga akan dapat dilewati oleh kapal pesiar.

Alur Tano Ponggol akan dilakukan pelebaran dari 25 meter menjadi 80 m sepanjang 1,2 Km dan ditambah kedalamannya dari 3 meter menjadi 8 meter. Pekerjaan tersebut akan memindahkan tanah sebanyak 571.562 m3 untuk mendapatkan elevasi dasar alur pada 897 mdpl. Kontrak pekerjaannya dimulai Desember 2017 dan akan selesai Desember 2019 dengan anggaran mencapai Rp 313 miliar.

Kepala BWS Sumatera II Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Roy Pardede mengatakan, pada sisi kiri dan kanan nantinya akan menggunakan steel sheet pile untuk menjaga kekuatan tanggul. Setelah dilakukan pelebaran, pada sisi kiri dan kanan juga akan dibangun jalur pedestrian sebagai bagian dari penataan kawasan sekaligus dukungan objek wisata di Danau Toba.

“Jadi kita siapkan tempatnya, nanti pedestrian dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir sepanjang 1,5 km,” ujarnya.

 

Baca juga:

Investor Akan Bangun Fasilitas Danau Toba

Kemenpar Undang Investor Garap Danau Toba dan Samosir

Tiket Pesawat Mahal Menjadi Sebab Wisatawan Danau Toba Menurun

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.