Sabtu, 16 Oktober 21

Alumnus Sekolah Anti Korupsi Gugat Universitas Syiah Kuala

Alumnus Sekolah Anti Korupsi Gugat Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh, Obsessionnews – Alumnus Sekolah Anti Korupsi Aceh (SAKA) Safutra Rantona akan menggugat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh terkait keterbukaan informasi publik. Hal itu dilakukan karena selama ini data yang diminta tidak diberikan dan ditanggapi oleh pihak Unsyiah.

Safutra Rantona
Safutra Rantona

Safutra yang berasal dari dataran tanah Gayo ini juga alumnus Unsyiah. Dia mengatakan alasan menggugat kampus jantung rakyat Aceh tersebut, karena sudah memenuhi unsur untuk melakukan gugatan ke Komisi Informasi Aceh (KIA). Karena selama ini surat pengajuan permintaan data sudah sesuai dengan unsur Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Saya sudah mengirimkan surat terkait permintaan data, tetapi data yang saya minta tidak diberikan dan surat yang sudah diajukan tidak ada konfirmasi dan balasan dari pihak kampus Unsyiah,” kata Safutra kepada obsessionnews.com beberapa waktu lalu.

Surat sudah diberikan pada tanggal 24 desember 2014, kemudian setelah menunggu selama 40 hari kerja namun tidak ada konfirmasi maupun balasan surat dari pihak Unsyiah, padahal data yang diminta merupakan data publik dan harus dipublikasi.

“Tujuan permintaan data ini untuk melakukan kajian dan analisis anggaran perguruan tinggi negeri khususnya di Aceh. Karena selama ini Unsyiah memiliki jumlah anggaran yang sangat besar. Dan anggaran tersebut selama ini diduga jarang dipublikasikan. Saya tidak menerima alasan atau jawaban kenapa data yang saya minta tidak diberikan, padahal undang-undang sudah mewajibkan data harus dipublikasikan,” jelas Ranto

Data yang diminta Safutra yaitu daftar isian penggunaan anggaran Unsyiah tahun 2013 dan 2014, laporan realisasi anggaran Unsyiah tahun 2013 dan 2014, laporan realisasi parkir Unsyiah tahun 2013 dan 2014, laporan penerimaan beasiswa dan jumlah beasiswa Unsyiah tahun 2013 dan 2014, dokumen realisasi anggaran SPP mahasiswa Unsyiah tahun 2013 dan 2014, dan lain-lain. (Agung Sanjaya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.