Minggu, 17 Oktober 21

Alumni ITB Harus Banyak Berinteraksi Dengan Masyarakat

Alumni ITB Harus Banyak Berinteraksi Dengan Masyarakat

Bandung, Obsessionnews – Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) harus banyak berinteraksi dengan masyarakat untuk melengkapi pengajaran dan penelitian yang dilakukan agar dapat menuai hasil sesuai yang diharapkan. Demikian disampaikan Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi.

Kadarsah menyampaikan hal tersebut pada acara Sidang Terbuka Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2014/2015 Institut Teknologi Bandung (ITB) di Gedung sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Sabtu (1/8/2015). Menurut Kadarsyah peran ITB dalam alih ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek di masyarakat melalui kegiatan pengajaran dan penelitian semata tidaklah cukup karena hanya sebagian khazanah ipteknya saja yang tersampaikan ke masyarakat.

“Untuk melengkapi pengajaran dan penelitian yang dilakukan agar dapat menuai hasil sesuai yang diharapkan, perlu adanya interaksi langsung antara akademisi dan target di masyarakat dalam bentuk pengabdian masyarakat.” Tandasnya.

Menurut Rektor kontinuitas dan sistematika sangat vital agar adaptasi dalam lingkungan praktis dapat terwujud. “Alih ipteks ke masyarakat hendaklah dilaksanakan dengan cara yang terstruktur agar hasilnya cukup masif,” kata Rektor. Begitupun pembenahan-pembenahan dipandang perlu untuk mendorong dan meningkatkan intensitas alih ipteks tersebut.
Wisuda diikuti 1.780 mahasiswanya terdiri atas 1101 (S1), 659 (S2), 20 (S3). Dari jumlah tersebut 500 diantaranya lulus dengan predikat cum laude dihadiri pula para dekan fakultas, advisory board ITB, orang tua wisudawan, serta para undangan lainnya.

Pada acara itu juga disampaikan sejumlah prestasi yang telah diraih ITB baik tingkat nasional maupun internasional, baik prestasi dosen maupun mahasiswa. Prestasi-prestasi yang diraih tak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga non-akademik. Pada rangkaian sidang juga dilakukan pembacaan kesan dan pesan dari beberapa mahasiswa yang lulus cum laude serta wejangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof.Ir.Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc.,Ph.D.
Tampil pula Shabrina Nida Al Husna (Mikrobiologi 2011), selaku wisudawati sekaligus mewakili yang lainnya untuk menyampaikan sambutan dan perpisahan. “Saya ucapkan terima kasih kepada pengajar dan seluruh sivitas akademik ITB atas ilmu dan pembelajaran yang didapatkan di ITB,” ujar Shabrina.

Shabrina juga mengajak rekan-rekannya untuk memantapkan visi dan misi hidup selain softskill dan hardskill agar capaian yang diraih dalam hidup dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi orang lain.
“Apapun jalan yang kita pilih, semoga menjadi yang terbaik dan membentuk kepribadian untuk menjadi manusia yang lebih dewasa, lebih bijaksana, dan lebih baik,” tuturnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.