Sabtu, 4 Februari 23

Alhamdulillah, Aplikasi Haji Pintar dan E-Learning Madrasah Raih Digital Innovation For Public Service

Alhamdulillah, Aplikasi Haji Pintar dan E-Learning Madrasah Raih Digital Innovation For Public Service
* Kementerian Agama (Kemenag) meraih dua penghargaan dalam kategori Digital Innovation For Public Service Tahun 2022. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, obsessionnews.com – Alhamdulillah. Kementerian Agama (Kemenag) meraih dua penghargaan dalam kategori Digital Innovation For Public Service Tahun 2022. Penghargaan ini diberikan MNC Portal Indonesia dalam acara bertajuk Digital Innovation Award 2022, Kamis (31/3/2022),

Dua penghargaan ini diberikan atas inovasi yang dikembangkan Kemenag berupa Aplikasi Haji Pintar dan website E-learning Madrasah. Plt. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Thobib Al Asyhar yang mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk menerima penghargaan, bersyukur atas apresiasi yang diberikan untuk Kemenag.

 

Baca juga: 

Mantap! Siapkan SDM Unggul, Kemenag Selenggarakan Pelatihan Inovasi Madrasah di Bengkulu

Rayakan HAB ke-76, Gus Yaqut Minta Jajaran Kemenag Lakukan Transformasi Layanan Umat

 

 

 

“Gus Yaqut, begitu Menag biasa disapa, sangat concern akan perubahan pelayanan di Kementerian Agama. Beliau selalu berpesan bahwa mutu pelayanan harus terus diperbaiki karena pelayanan yang baik adalah hak bagi setiap masyarakat,” terang Thobib, dikutip dari siaran pers, Jumat (1/4).

Thobib mengatakan, penghargaan bukanlah tujuan akhir dari perubahan dan inovasi yang dilakukan di Kemenag. Menurutnya, tujuan utama setiap pengembangan inovasi adalah pelayanan maksimal bagi masyarakat.

“Perubahan yang dilakukan Kementerian Agama semata mata dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan Kementerian Agama di tengah era digitalisasi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Thobib menjelaskan, inovasi Aplikasi Haji Pintar dan website E-learning Madrasah adalah dua dari sekian banyak aplikasi yang dirancang Kemenag. Semua itu dikembangkan dalam rangka memaksimalkan pelayanan di Kemenag.

“Banyak aplikasi digital yang kami rancang untuk memudahkan pelayanan. Kami berharap masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya. Apalagi ke depan akan diintegrasikan agar lebih memudahkan umat,” sebutnya.

Dia menambahkan, pelayanan berkelanjutan menjadi komitmen Kemenag di bawah kepemimpinan Gus Menteri Yaqut. Karena itu pada awal 2022, bersamaan dengan peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag, kementerian ini mencanangkan gerakan Transformasi Layanan Umat.

“Motto ini bukan hanya sebatas slogan saja,” tutur Thobib.

“Transformasi digital merupakan komitmen Kementerian Agama, yang juga menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama dari tahun 2021,” tandasnya.

Selaiin Kementerian Agama, penghargaan untuk kategori yang sama juga diberikan ke Pemerintah Kota Bima (Aplikasi Kota Bima Smart City), Pemerintah Kabupaten Pamekasan (Aplikasi E-Lorong), PrimeOne School (Aplikasi e-POS), Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Aplikasi SosiaLita), Pemerintah Kota Gorontalo (Aplikasi GoMT), Pemerintah Kota Malang (SAMGEPUN BASA), Pemerintah Kota Palangkaraya (Aplikasi Si-TaKiR), Pemerintah Kota Banda Aceh (LKMS MAHIRAH MUAMALAH), Pemerintah Kota Banjarbaru (Aplikasi UMKMjuara.id), Pemerintah Kabupaten Pasuruan (Website Siapmaslahat), Pemerintah Kota Semarang (Aplikasi Lapor Hendi), dan Kementerian Pertanian RI (Agriculture War Room). (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.