Selasa, 21 September 21

Album The Beatles Jadi Mata Pelajaran di Inggris

Album The Beatles Jadi Mata Pelajaran di Inggris
* The Beatles layak dipelajari karena dianggap berperan besar dalam 'membentuk musik pop'. (bbc.co.uk)

London – Album Sgt. Pepper’s Lonely Heart Clubs Band dari band pop legendaris The Bearles akan menjadi salah satu subyek pilihan di GCSE, ujian nasional untuk sekolah menengah Inggris.

Para murid yang memilihnya akan mempelajari tiga nomor dari album tersebut: With A Little Help From My Friends, Within You Without You, dan Lucy In The Sky With Diamonds.

Mereka juga boleh melakukan deejaying saat membawakannya, yang merupakan salah satu bagian dalam ujian musik GCSE selain pemahaman musik dan komposisi musik.

Badan penguji Inggris, AQA, mengatakan The Beatles layak dipelajari karena berperan besar dalam “membentuk musik pop”.

Album Supernaturl dari Carlos Santana juga bisa dipelajari murid Inggris. (bbc.co.uk)
Album Supernaturl dari Carlos Santana juga bisa dipelajari murid Inggris. (bbc.co.uk)

Yang akan menjadi kajian para murid adalah berbagai aspek dari ketiga lagu tersebut, yaitu melodi, harmoni, struktur, ritme, dan maknanya.

Lagu Lucy In The Sky With Diamonds dianggap merujuk pada obat bius LSD karena huruf pertama dari ketiga kata benda dalam judul tersebut.

Namun John Lennon -yang menulis liriknya- menegaskan sumber inspirasi adalah sebuah gambar yang dibuat putranya yang saat itu berusia ima tahun.

Selain lagu The Beatles itu, album Supernatural dari gitaris terkenal, Carlos Santana, juga termasuk dalam subjek yang bisa dipelajari, selain sejumlah karya klasik, antara lain dari Joseph Haydn dan Aaron Copland.

AQA mengatakan usulan sudah diajukan dan menunggu pengesahan dari Ofqual, badan yang mengatur kualifikasi pendidikan di Inggris. (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.