Sabtu, 19 Oktober 19

Alasan Partai Komunis Cina Batasi Pergerakan Islam

Alasan Partai Komunis Cina Batasi Pergerakan Islam
* Salah satu kehidupan Umat Islam di Cina. (Foto: Times)

Jakarta, Obsessionnews.com – Negara Cina memang dikuasai oleh Partai Komunis. Karenannya seluruh pergerakan agama di negera ini dibatasi, termasuk Islam. Bahkan umat Muslim di sini kerap mendapat perlakukan diskriminatif dari pemerintah Cina.

Para kritikus menganggap pergerakan agama dibatasi karena ketakutan bahwa organisasi keagamaan dapat menantang kekuatan politiknya. Di masa lalu, represi partai telah memicu respons kekerasan.

New York Times melakukan investigasi yang dirilis pada Senin (23/9/2019), tentang kampanye terbaru Partai Komunis Cina mengekang kebebasan beragama, yang diawali dengan Muslim Uighur di Xinjiang.

Tahun lalu Pemerintah Cina mengeluarkan arahan rahasia yang memerintahkan pejabat setempat untuk mencegah Islam mengganggu kehidupan sekuler dan fungsi negara.

Arahan itu berjudul “Memperkuat dan Meningkatkan Pekerjaan Islam dalam Situasi Baru,” dan sampai saat ini belum dipublikasikan. Arahan dikeluarkan oleh Dewan Negara, kabinet Cina, pada bulan April tahun lalu dan diklasifikasikan sebagai rahasia selama 20 tahun.

Arahan tersebut memperingatkan dampak “Arabisasi” tempat-tempat Islam, mode dan ritual di Cina, dan pengaruh Arab Saudi, sebagai alasan untuk khawatir.

Arahan ini termasuk melarang tulisan Arab, mengubah struktur kubah masjid yang bernuansa Timur Tengah, sampai berhenti menerbitkan sertifikasi halal.

Sejarah mencatat pada tahun 1975, selama Revolusi Kebudayaan Mao, Tentara Pembebasan Rakyat Cina mengepung Shadian, sebuah kota berpenduduk mayoritas Muslim Hui di Provinsi Yunnan di mana penduduk telah memprotes penutupan masjid.

Bentrokan pun terjadi, memicu intervensi militer besar-besaran yang menghancurkan kota itu dan menewaskan lebih dari 1.600 orang.

 

Halaman Selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.