Senin, 27 September 21

Alasan Keamanan, Ahok Dipindah ke Mako Brimob

Alasan Keamanan, Ahok Dipindah ke Mako Brimob
* Sidang vonis Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017). (Foto: ©Isra Triansyah/POOL)

Jakarta, Obsessionnews.com – Tahanan kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terpaksa dipindahkan dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Pemindahan itu lebih kepada alasan keamanan.

‎Kepala Rutan Cipinang, Asep Sutandar, mengatakan, pihaknya terpaksa mengajukan pemindahan penahanan Ahok ke Mako Brimob, karena masalah keamanan. Sebab, diketahui banyaknya massa pendukung Ahok yang melakukan unjuk rasa dianggap mengganggu keamanan. ‎

“Mengajukan memang dari Kementerian, kita lapor kepada pimpinan di atas bahwa di sana situasi seperti ini, didiskusikan dengan Kapolres, seyogyanya untuk dititipkan di Mako Brimob. Ya untuk keamanan yang bersangkutan dan seluruhnya,” kata Asep Sutandar, Rabu (10/5/2017).

Asep menuturkan, Ahok dipindahkan ke Mako Brimob pada Rabu (10/4) dini hari  pukul 01.00 WIB, dengan status tahanan titipan. ‎Menurut Asep, kondisi di Rutan Cipinang tidak cukup kondusif, jumlah tahanan dan narapidana di rutan ini juga telah melebihi daya tampung.

Sementara jumlah petugas pengamanan rutan sangat sedikit.‎ Belum lagi, kata dia, massa pro Ahok yang terus melakukan unjuk rasa. Dikhawatirkan menganggu ketertiban umum. “Dikhawatirkan kalau hari-hari ada di sini, sementara pendemo berkonsentrasi di si‎ni, pekerjaan pasti terganggu. Termasuk warga di dalam kan, tamu ke dalam sulit nantinya,” kata dia.

Seperti diketahui, Ahok dijebloskan ke penjara setelah menerima vonis hukuman kurungan dua tahun penjara dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5). Ahok diputus bersalah secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 156a huruf KUHP tentang penodaan agama.‎ Vonis Ahok lebih tinggi dari tuntutan jaksa yang hanya meminta satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.