Selasa, 15 Oktober 19

Alasan Jokowi Pertahankan Airlangga Hartarto

Alasan Jokowi Pertahankan Airlangga Hartarto
* Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan perombakan Kabinet Kerja. Namun, Airlangga Hartarto masih aman dari posisinya sebagai Menteri Perindustrian, meski di sisi lain ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi membiarkan Airlangga rangkap jabatan karena masa jabatan efektif Kabinet Kerja tinggal satu tahun. Jokowi khawatir kalau Menteri Perindustrian diserahkan kepada orang baru, nantinya bisa mengganggu kinerja kementerian.

“Kalau ditunjuk orang baru, belajar enam bulan, kalau tidak cepat bisa setahun. Ini bisa mengganggu, karena kementerian ini tidak mudah,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Jokowi masih mempercayai Airlangga karena dianggap ia mengetahui betul soal ekonomi, dan industri. Kerja Airlangga juga dinilai bagus. “Beliau tahu betul dengan makro, konsep makro industri di negara kita, hilirisasi ke depan seperti apa,” katanya.

Presiden Jokowi pada awal menjabat menjadi presiden menegaskan, menteri harus lepas jabatan dari partai politik. Menurutnya, rangkap jabatan, walaupun tidak dilarang secara aturan, dikhawatirkan bisa mengganggu fokus kerja menteri.

Harapan tersebut pun diikuti oleh salah jajaran menterinya yakni Wiranto. Saat ditunjuk jadi Menko Polhukam  dia langsung menanggalkan jabatannya sebagai ketua umum Partai Hanura. Demikian juga mantan Kepala BIN Sutiyoso yang kala itu meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PKPI. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.